Murdoko, Eks Koruptor APBD, Maju di Bursa Balon Bupati Kendal

Antara ยท Jumat, 06 Desember 2019 - 20:25 WIB
Murdoko, Eks Koruptor APBD, Maju di Bursa Balon Bupati Kendal
Murdoko (berkemeja hitam) saat mengambil formulir pendaftaran bakal calon Bupati Kendal pada pilkada 2020 di kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah. (Foto: ANTARA/Wisnu Adhi)

SEMARANG, iNews.id - Mantan Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Murdoko maju sebagai bakal calon bupati Kendal pada Pilkada 2020. Eks koruptor dugaan kasus korupsi penggunaan dana rekening giro Pemkab Kendal 2003-2004 itu terlihat mendaftar di kantor DPD PDI Perjuangan Jateng di Semarang, Jumat (6/12/2019).

Didampingi sejumlah kader PDI-P, Murdoko tiba di kantor yang sering disebut Panti Marhaen untuk mengambil sekaligus mengisi formulir pendaftaran. Dia mengaku maju sebagai calon orang nomor satu di Kendal karena beberapa alasan.

"Saya maju karena prihatin Bupati Kendal saat ini tidak dijabat oleh kader PDIP, dan prihatin kondisi Kabupaten Kendal yang jauh tertinggal dari kabupaten-kabupaten lain. Padahal potensinya sangat bagus dengan adanya laut, dataran, dan dataran tinggi," katanya.

Menurutnya, berbagai potensi di Kabupaten Kendal bisa dimanfaatkan untuk mengangkat ekonomi kerakyatan serta menyejahterakan masyarakat setempat.

BACA JUGA: Politikus PAN: Pemilihan Kepala Daerah melalui DPRD Langkah Mundur

Murdoko optimistis akan memperoleh rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan sebagai calon bupati pada Pilkada Kabupaten Kendal 2020 dan mendapat dukungan dari masyarakat. "Saya optimistis karena kepemimpinan kader PDIP sebagai Bupati Kendal sangat bagus sekali, rakyat merindukan kepemimpinan dari kader PDIP," katanya.

Sebelumnya, Murdoko sempat vakum dari dunia politik setelah menjalani masa hukuman selama 2,5 tahun dalam kasus korupsi APBD Kabupaten Kendal pada 2004.

"Dia menampik jika dibilang pelaku korupsi. “Kemarin itu jadi korban politik dan tidak ada kerugian negara. Apalagi saya tidak terlibat dalam pemerintahan Kendal, makanya saya tetap percaya diri," katanya.

BACA JUGA: Istana Tegaskan Presiden Jokowi Tetap Ingin Pilkada Langsung

Sebagai upaya untuk meningkatkan popularitasnya, Murdoko akan langsung bergerak, baik dalam struktural partai maupun masyarakat.

Sebelumnya, DPD PDI Perjuangan Jateng membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah yang akan memperoleh rekomendasi partai agar bisa maju pada pilkada serentak di 21 kabupaten/kota pada 2020. Pendaftaran bakal calon yang dibuka 6-12 Desember 2019 tersebut diperuntukkan bagi para kandidat yang belum mendaftar di DPC.


Editor : Umaya Khusniah