Niat Puasa Ayyamul Bidh, Hukum dan Keutamaannya

Kastolani ยท Selasa, 10 Desember 2019 - 15:16 WIB
Niat Puasa Ayyamul Bidh, Hukum dan Keutamaannya
Puasa Sunnah ayyamul Bidh banyak keutamannya dan disunahkan untuk dilaksanakan tiap bulan. (Foto: ilustrasi)

JAKARTA, iNews.id - Puasa tengah bulan atau sering disebut sebagai puasa ayyaamul bidh bulan Desember ini jatuh pada Selasa (10/12/2019), Rabu (11/12/210), dan Kamis (12/12/2019).

Puasa tengah bulan ini artinya puasa yang dijalankan pada hari ke 13, 14 dan 15 setiap bulan (kalender Hijriah) baik bulan itu berumur 29 hari atau 30 hari. Imam Bukhari menulis sebuah bab di dalam Kitab Shahihnya dengan judul : “puasa hari-hari bidh (hari putih/purnama)”, hari ke 13, 14 dan 15).

Dikutip dari Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah (PISS-KTB), puasa ini hukumnya adalah sunnah untuk dibiasakan setiap bulan. Dasarnya adalah hadits-hadits yang diriwayatkan dari Rasulullah SAW. Di antaranya adalah sebagai berikut :

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radliallaahu ‘anhu bahwa dia berkata : “Kekasihku, yaitu Rasulullah SAW memberikan wasiat kepadaku dengan tiga hal, yaitu : berpuasa tiga hari setiap bulan, melakukan shalat dua raka’at dhuha dan melaksanakan shalat witir sebelum tidur”. (HR (Bukhari, VII, hal 98, hadits no. 1845 dan Muslim, IV, hal. 48, no. 1182).

Niat puasa Sunnah ayyamul Bidh:

Nawaitu Sauma Ayyaamal Bidh Sunnatan Lillaahi Ta'ala.

Artinya: "Saya niat puasa pada hari-hari putih, sunnah karena Allah Ta'ala."

Adapun keutamaan menjalankan puasa sunah ini seperti yang disebutkan di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Turmudzi setelah beliau meriwayatkan hadits di atas :

"Barangsiapa yang berpuasa tiga hari setiap bulan, maka seolah-olah dia seperti orang yang berpuasa selama-lamanya (sepanjang masa)."

Wallahu A'lam.


Editor : Kastolani Marzuki