One Way Tol Trans Jawa Mulai H-3 Lebaran, Polda Jateng Siapkan Rekayasa Lalin

Taufik Budi ยท Minggu, 19 Mei 2019 - 18:31 WIB
One Way Tol Trans Jawa Mulai H-3 Lebaran, Polda Jateng Siapkan Rekayasa Lalin
Ditlantas Polda Jateng menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas mengantisipasi dampak pemberlakuan one way di jalur Tol Trans Jawa di Brebes Timur pada arus mudik Lebaran. (Foto: iNews.id)

SEMARANG, iNews.id – Sistem satu arah atau one way di Jalan Tol Trans Jawa mulai Jakarta hingga Brebes akan diberlakukan pada H-3 Lebaran 2019.

Menyikapi hal itu, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah menyiapkan berbagai langkah antisipasi untuk menyambut arus mudik Lebaran.

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Rudy Antariksa mengatakan, langkah antisipasi yang akan dilakukan yakni dengan menerapkan manajemen rekayasa lalu lintas, sehingga arus mudik nanti maupun balik yang akan dilakukan one way maupun pengalihan arus sudah bisa diantisipasi.

Selain itu, bekerja sama dengan lintas sektoral kemudian juga BUJT (Badan Usaha Jalan Tol), rest area, dan sebagainya. "Kita sudah antisipasi di mana pada tiga hari menjelang Lebaran akan dilakukan one way dan kita sudah mencari tempat-tempat mana yang merupakan trouble spot, yang rawan kemacetan ini sudah kita petakan,” kata Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Rudy Antariksa, Minggu (19/5/2019).

Dia mengatakan, jalur Pantura dan jalan tol ini merupakan jalur utama yang nanti akan digunakan oleh para pemudik yang mayoritas datang dari Jakarta menuju Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DIY.

Mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas, kata dia, polisi akan mengerahkan sejumlah anggota di titik-titik rawan macet. Selain itu, polisi menggandeng instansi lintas sektoral untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pemudik.


Editor : Kastolani Marzuki