Pabrik Kacang Garuda di Pati Terbakar, Puluhan Damkar Dikerahkan

Agus Atha Suharto ยท Selasa, 16 April 2019 - 18:06:00 WIB
Pabrik Kacang Garuda di Pati Terbakar, Puluhan Damkar Dikerahkan
Asap hitam pekat membumbung di lokasi gudang pabrik Kacang Garuda di Pati Jawa Tengah yang terbakar. (Foto: iNews/Agus Atha Suharto)

PATI, iNews.idPabrik Kacang Garuda yang berlokasi di Jalan Pantura Pati-Juwana, Jawa Tengah, terbakar, Selasa (16/4/2019). Kobaran api melalap dua bangunan yang merupakan gudang produksi dan bahan baku.

Asap hitam pekat juga tampak membubung tinggi di lokasi kebakaran. Ratusan karyawan panik dan berhamburan keluar dari pabrik. Peristiwa kebakaran juga menyebabkan Jalur Pantura Pati-Juwana macet karena banyak pengendara menghentikan kendaraan dan menonton kebakaran tersebut.

Pantauan iNews di lokasi, puluhan armada pemadam kebakaran (damkar) tampak bergantian berlalu lalang dan melakukan penyiraman. Kencangnya embusan angin membuat petugas damkar harus berhati-hati dan cukup kesulitan menjinakkan kobaran api yang begitu besar.

Keterangan saksi di lokasi, kejadian terbakarnya gudang terbesar Kacang Garuda itu terjadi pukul 12.00 WIB. Munculnya api diawali dengan padamnya listrik, lalu tiba-tiba terdengar suara kepanikan yang menyuruh seluruh karyawan untuk keluar. Setelah sampai di halaman, tampak api sudah membesar dan membakar gudang pabrik yang berisi bahan-bahan mudah terbakar seperti minyak, kardus dan makanan ringan.

“Kami dengan suara pintu digedor-gedor dan arahan suruh cepat keluar. Banyak yang teriak kebakaran dan kami langsung lari mengevakuasi diri,” ujar Sutriani, seorang karyawan pabrik kacang garuda.

Hingga saat ini, proses pemadaman masih terus dilakukan. Petugas berhati-hati karena banyak bahan mudah terbakar dan gas yang bisa memicu ledakan di bangunan tersebut. Untuk korban pun belum dapat dipastikan.


Editor : Donald Karouw