Pandangan Ustaz Abdul Somad soal Tidak Salat Jumat saat Wabah Corona

Kastolani ยท Jumat, 27 Maret 2020 - 08:00 WIB
Pandangan Ustaz Abdul Somad soal Tidak Salat Jumat saat Wabah Corona
Penceramah kondang Ustaz Abdul Somad menjelaskan tentang bolehnya dokter dan perawat menjamak sholat di rumah sakit. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Penceramah kondang Ustaz Abdul Somad kembali menyampaikan pandangannya seputar salat berjamaah dan salat Jumat di tengah kondisi darurat wabah virus Corona.

Dalam akun Instagram miliknya, mantan dosen Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau itu mengunggah video pendek berjudul " Yang Sebenarnya tentang Sholat Berjamaah".

Video tersebut merupakan jawaban ahli hadist terhadap pertanyaan jamaah.

Ustaz Abdul Somad mengawali jawaban dengan kebijakan pemerintah Mesir, Malaysia dan Arab Saudi yang melarang sholat berjamaah dan sholat Jumat di masjid di tengah darurat wabah virus Corona.

"Mana ada pemerintah Mesir, Malaysia, Arab Saudi termasuk Indonesia itu berani melarang sholat berjamaah di masjid maupun sholat Jumat kalau tidak ada fatwa dari ulama. Di Malaysia, seluruh Mufti sepakat melarang sholat Jumat saat wabah Corona. Mufti Al Azhar Mesir juga demikian,. Dasarnya apa, Alquran dan Sunnah. Mereka ambil dari sana (Alquran dan sunah)," katanya, Kamis (26/3/2020).

Menurut Ustaz Abdul Somad, meninggalkan salat berjamaah dan salat Jumat pada masa wabah penyakit adalah Sunnah.

"Saya ulang sekali lagi, meninggalkan salat berjamaah dan salat Jumat pada masa wabah penyakit thoun dan pes adalah sunah Rasulullah Saw," kata doktor ilmu hadits lulusan Sudan itu mengakhiri jawabannya.


Editor : Kastolani Marzuki