Pandemi Covid-19, Perpustakaan Desa di Purbalingga Layani Peminjaman Buku secara Online

Catur Edi Purwanto ยท Senin, 11 Mei 2020 - 16:15 WIB
Pandemi Covid-19, Perpustakaan Desa di Purbalingga Layani Peminjaman Buku secara Online
Pemilik perpustakaan desa di Purbalingga, mengantarkan buku yang dipinjam secara online

PURBALINGGA, iNews.id - Sebuah perpustakaan desa di Purbalingga, Jawa Tengah, melayani sistem pinjaman secara online selama pandemi Covid-19. Petugas perpustakaan desa melayani peminjaman buku, dengan mengantarkannya ke rumah masing-masing peminjam.

Perpustakaan bernama Limbah Pustaka, di Desa Muntang, Purbalingga ini, telah satu bulan ditutup oleh pemerintah daerah, akibat pandemi Covid-19. Aktivitas membaca dan meminjam buku di perpustakan juga berhenti total.

Untuk tetap mendukung program pemerintah wajib belajar, pemilik perpustakaan memutuskan untuk tetap melayani masyarakat. Setiap sore menjelang berbuka puasa, pemilik perpustakaan desa ini mengantarkan buku-buku yang telah dipesan oleh warga secara online.

Indiani Eka Saputri, salah satu warga yang memanfaatkan peminjaman buku melalui perpustakaan online ini mengaku senang dengan sistem yang ditawarkan. Meski harus di rumah, ia tetap bisa membaca buku-buku yang ia inginkan.

“Kalo misalnya mau minjem buku, gak perlu jauh-jauh, juga masih bisa di rumah aja. Kita tinggal telepon ke perpustakaan, nanti kita pilih buku apa yang kita inginkan, trus nanti akan diantar ke rumah,” kata Indiani Eka Saputri di Purbalingga, Minggu (10/5/2020).

Sementara itu Roro Hendarti, pemilik perpustakaan desa mengatakan, apa yang dilakukannya merupakan bentuk aksi sosial di tengah pandemi Covid-19. Buku yang dipinjam dari buku pelajaran, komik, hingga cara memasak, ia pinjamkan ke warga, tanpa dipungut biaya.

“Alhamdulillah dengan pesanan itu sambutannya baik. Saya merelakan diri untuk mengantar buku-buku kepada mereka, dan Alhamdulillah karena mereka memang mencintai buku dan suka membaca juga, sambutannya bagus,” kata Roro Hendarti.

Pelayanan secara online dan mengantarkan buku ke rumah warga, akan terus dilakukan Roro Hendarti hingga pandemi Covid-19 mereda, dan perpustakaan kembali dibuka.


Editor : Dewi Mustika