Para Tokoh di Jateng Ini Besok Akan Awali Suntik Vaksin Covid-19

Ahmad Antoni · Rabu, 13 Januari 2021 - 22:34:00 WIB
Para Tokoh di Jateng Ini Besok Akan Awali Suntik Vaksin Covid-19
Gubernur Ganjar Pranowo saat mengecek kesiapan faskses di Kota Semarang jelang vaksinasi Covid-19 pada Kamis besok. (Istimewa)

SEMARANG, iNews.id  - Setelah diawali Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), vaksinasi Covid-19 akan dilakukan secara massal mulai Kamis (14/1/2021) besok. Di Jawa Tengah, vaksinasi perdana akan dilakukan jajaran Forkopimda dan petugas kesehatan di tiga wilayah (Kota Semarang, Kabupaten Semarang dan Solo).  

Selain Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan wakilnya Taj Yasin Maimoen, tokoh agama Islam dan Katholik juga ikut serta.  Menurutnya, tokoh di Jateng yang akan menjadi penerima suntik vaksin di antaranya adalah  Forum Komunikasi Pimpinan Daerah. Adapun, acara vaksinasi perdana  akan dikonsentrasikan di RSUD Tugurejo, Kota Semarang, pukul 07.30 WIB. 

"Untuk tingkat provinsi di antaranya adalah Gubernur (Ganjar Pranowo), Wagub (Taj Yasin Maimoen), Pangdam IV Diponegoro (Mayjen Bakti Agus Fadjari), Kapolda (Irjen Pol Ahmad Luthfi), Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah (Yulianto Prabowo), Direktur RSUD Tugurejo (Haryadi Ibnu Junaedi),   Ikatan Dokter Indonesia (Muhammad Heru Muryawan), Pimpinan wilayah PPNI (Edy Wuryanto), tokoh agama Islam (KH. Akhyani) dan dari tokoh agama Katholik (Romo FX Sugiyono PR). Selain itu ada wakil pimpinan DPRD Jawa Tengah (Sukirman),"  kata Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo, saat menggelar konferensi pers daring, Rabu (13/1/2021).  .

Adapun, vaksinasi perdana di Jateng akan dikonsentrasikan di RSUD Tugurejo, Kota Semarang, pukul 07.30. Sementara di Kota Semarang dipusatkan di Puskesmas Pandanaran, di Kabupaten Semarang dipusatkan di Puskesmas Ungaran dan Kota Surakarta di RSUD Bung Karno. 

Yuli mengatakan, pada tahap pertama telah didistribusikan sebanyak 56.860 dosis vaksin. Rinciannya, Kota Semarang sebanyak 38.240 dosis vaksin untuk 18.752 tenaga kesehatan, Kabupaten Semarang  8.000 dosis vakskn untuk 3. 987 tenaga kesehatan. Sedangkan, Kota Surakarta sementara menerima 10.620 dosis untuk 10.609 tenaga kesehatan. 

Ia mengatakan, nantinya setiap petugas kesehatan akan memperoleh dua kali suntik vaksin. Pertama, pada tanggal 14 Januari dan diulang di hari ke-14. 

Menurutnya,  untuk Kota surakarta, baru didistribusikan dosis vaksin untuk sekali suntik. Mendekati hari ke 14, barulah vaksin dari gudang penyimpanan obat milik pemprov Jateng, dikirimkan ke wilayah itu.

Editor : Ahmad Antoni