Paul Zhang Alumni UKSW, Rektor: Sikap Pribadinya Tak Kompatibel dengan Almamater

Angga Rosa ยท Rabu, 21 April 2021 - 16:36:00 WIB
Paul Zhang Alumni UKSW, Rektor: Sikap Pribadinya Tak Kompatibel dengan Almamater
Jozeph Paul Zhang. (Dok)

SALATIGA, iNews.id - Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga membenarkan Jozeph Paul Zhang atau Shindy Paul Soerjomoeljono merupakan alumni kampus tersebut. UKSW sangat menyesalkan pernyataan alumni ulisan 1996 itu, yang dinilai mengandung muatan penistaan agama. 

Rektor UKSW Neil Samuel Rupidara mengatakan, Jozeph Paul Zhang lulus dari Fakultas Pertanian (sekarang Fakultas Pertanian dan Bisnis) pada tahun 1996. Sempat melanjutkan pendidikan S2 Magister Manajemen, tetapi tidak selesai. 
      
"UKSW adalah lembaga yang menjunjung tinggi kebebasan berpikir dan berekspresi. Namun kami menilai, tindakannya menyampaikan pandangan pribadi. Apalagi yang bersifat subjektif dan kontroversial di ruang digital publik, tanpa mempertimbangkan secara bijaksana konteks Indonesia sebagai negara majemuk menggambarkan ketiadaan sikap fairminded atau adil dalam dirinya," katanya, Rabu (21/4/2021).

Di sisi lain, UKSW memandang sikap pribadinya tidak kompatibel dengan wawasan almamaternya. Sejak awal berdiri hingga saat ini, UKSW adalah kampus yang mengembangkan ciri-ciri keberagaman komunitasnya, termasuk keragaman etnis dan juga agama. UKSW adalah kampus Indonesia Mini. 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3