Pelaku Pembakaran Hutan di Gunung Sumbing dan Sindoro Ditangkap Polisi

Didik Dono Hartono ยท Selasa, 18 September 2018 - 17:41:00 WIB
Pelaku Pembakaran Hutan di Gunung Sumbing dan Sindoro Ditangkap Polisi
Polisi menangkap Teguh, petani asal Dusun Sibajak, yang diduga sengaja membakar hutan di lereng Gunung Sumbing dan Sindoro Temanggung. (Foto: iNews.id/Didik Dono Hartono)

TEMANGGUNG, iNews.id - Teka-teki kebakaran hutan dan lahan yang melanda Gunung Sumbing dan Sindoro di Temanggung, Jawa Tengah sepekan terakhir ini terkuak. Lereng gunung tersebut ternyata sengaja dibakar Teguh (43), seorang petani yang ingin memperluas lahan.

Polisi kemudian menangkap pelaku yang berdomisili di Dusun Sibajak, Desa Canggal, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung, Selasa (18/9/2018).

Selain menangkap Teguh, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti diantaranya dua buah cangkul, kapak, sebilah arit, kayu dan peralatan makan.

Wakil Kepala Polres (Wakapolres) Temanggung, Kompol Sugiyatmo mengatakan, identitas pelaku diketahui berkat temuan peralatan di lokasi awal terbakarnya lereng Gunung Sindoro oleh warga yang melakukan penelusuran. Polisi kemudian mengembangkan kasus ini dan menangkap pelaku. 

“Kami dapat informasi dari warga bahwa ada alat-alat pertanian seperti cangkul, arit dan lainnya di lokasi awal lahan yang terbakar. Setelah dilakukan penelusuran alat-alat bukti itu mengarah ke pelaku,” katanya.

Menurut Wakapolres, akibat perbuatannya pelaku bakal dijerat UU Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun. “Pelaku kita tahan di sel tahanan Mapolres Temanggung,” ucapnya.

Kepada penyidik, Teguh mengaku sengaja membakar ilalang di lahan milik Perhutani tepatnya di petak 7 lereng Gunung Sindoro untuk memperluas lahan yang akan digarap. Sedangkan pohon-pohon yang ada di lereng gunung tersebut ditebang dan kayunya dibawa untuk dijadikan kayu bakar. 

Teguh tidak menyangka jika api yang dibuat untuk membersihkan lahan akan membakar hutan di Lereng Sindoro. “Saya bakar alang-alang biar cepet bersih. Saya baru sekali bakar lahan itu untuk nambah luas lahan pertanian saya,” katanya.

Sementara itu, api terlihat masih membakar kawasan hutan dan lahan di lereng Gunung Sumbing. Sedangkan di lereng Gunung Sindoro api sudah berhasil dipadamkan. Helikopter water bombing milik BNPB terus bekerja memadamkan api dari jalur udara. Jumlah areal luas yang terbakar di kedua gunung tersebut mencapai 900 hektare.


Editor : Kastolani Marzuki