Pelaku Usaha Berdesakan saat Ajukan Berkas Penerima Banpres, Petugas Kewalahan

Atha Suharto ยท Selasa, 08 September 2020 - 16:15:00 WIB
Pelaku Usaha Berdesakan saat Ajukan Berkas Penerima Banpres, Petugas Kewalahan
Antrean warga di luar gerbang Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati, Jawa Tengah (Foto: iNews/Atha Suharto)

PATI, iNews.id - Antrean panjang terjadi saat pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKm) di Pati, Jawa Tengah mengajukan permohonan bantuan sosial produktif tahap II di dinas koperasi dan umkm setempat. Para pelaku UMKM ini mengabaikan protokol kesehatan dengan saling berkerumun dan berdesak-desakan.

Dari pantauan iNews, petugas Satpol PP dan polisi pun kewalahan menertibkan para pelaku UMKM yang didominasi ibu-ibu tersebut. Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati didatangi ratusan pelaku usaha. Mereka datang dengan maksud untuk mengajukan berkas bantuan sosial presiden (banpres) tahap II.

Dari informasi yang dihimpun, antrean panjang ini terjadi sejak pagi hingga siang. Ironisnya, para pelaku usaha ini tak mengindahkan protokol kesehatan dengan berkerumun dan saling berdesa-desakan guna mendaftarkan berkas permohonan bantuan mereka.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati, Wahyu Setyawati menuturkan tidak menyangka akan membludaknya antrean. Kemungkinan pelaku usaha ini mengurus berkas setelah tahap satu diluncurkan.

"Antara kemarin cair dan masyarakat itu kan ketok tular ya. Kami tidak menyangka langsung membludak," kata Wahyu, Selasa (7/9/2020).

Sebelumnya, dinas juga sudah mengambil data dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki koperasi binaan. Namun, faktanya masih banyak pelaku usaha yang tidak mengetahuinya. Akibatnya mereka nekat mengantre di kantor dinas.

"Kami menghubungi OPD-OPD yang memiliki binaan UMKM," ucapnya.

Editor : Nani Suherni