Pelopori Sistem Pemeringkatan Budaya Jawa, Program UNS Jawametrik Diluncurkan

Ary Wahyu Wibowo ยท Selasa, 23 Maret 2021 - 15:16:00 WIB
Pelopori Sistem Pemeringkatan Budaya Jawa, Program UNS Jawametrik Diluncurkan
Kepala PUI Javanologi UNS Solo, Profesor Sahid Teguh Widodo saat memberi keterangan terkait peluncuran program UNS Jawametrik 2021, Selasa (23/3/2021). Foto: iNews.id/Ary Wahyu Wibowo

SOLO, iNews.id – Pusat Unggulan ipteks (PUI) Javanologi Universitas Sebelas Maret  (UNS) Solo meluncurkan program UNS Jawametrik 2021. Program ini diharapkan menjadi pelopor sistem pemeringkatan budaya Jawa untuk lembaga internasional di seluruh dunia. 

Kepala PUI Javanologi UNS Solo, Profesor Sahid Teguh Widodo mengatakan, program UNS Jawametrik 2021 merupakan tindaklanjut dari rintisan tahun 2017 lalu melalui penyelenggaraan International Award Summit on Javanesse Culture. 

“UNS Jawametrik 2021 selain sebagai model pemeringkatan, merupakan  program berbasis IT yang dirancang dengan cermat dan memadai guna memberi informasi akurat institusi atau lembaga pengembang dan penangkar budaya Jawa di dalam dan luar negeri,” kata Sahid Teguh Widodo, Selasa (23/3/2021). 

Basis data dan informasi yang berasal dari UNS Jawametrik, lanjutnya, akan menginformasikan tentang pusat kegiatan dan riset, acara budaya, sumber daya, kepakaran, serta artefak budaya Jawa di seluruh dunia. Sehingga memungkinkan lembaga-lembaga untuk terhubung dan berkolaborasi secara global. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2