Pemerintah Daerah Diminta Segera Susun Rancangan Perda Tata Ruang

Ahmad Antoni ยท Selasa, 27 April 2021 - 21:04:00 WIB
Pemerintah Daerah Diminta Segera Susun Rancangan Perda Tata Ruang
Dirjen Tata Ruang Kementerian ATR/BPN, Abdul Kamarzuki menerangkan sosialisasi PP Nomor 21 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang. (foto: Ahmad Antoni)

SEMARANG, iNews.id Kementerian ATR-BPN terus melakukan sosialisasi PP Nomor 21 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang. Mengingat masih ada pemerintah daerah yang belum melangkah untuk menyusun Peraturan daerah (Perda).

Peraturan Pemerintah (PP)  21 Tahun 2021 merupakan turunan dari UU Cipta Kerja yang bertujuan membenahi iklim ekosistem investasi dan kegiatan berusaha baik di wilayah maupun di daerah. 

Sehingga, Pemerintah daerah (Pemda)  wajib membuat aturan turunan PP  Nomor 21 Tahun 2021. Pemda juga diminta segera menyusun rancangan Perda tentang tata ruang dan merevisi semua perda yang berkenaan dengan PP tersebut.

Dirjen Tata Ruang Kementerian ATR/BPN, Abdul Kamarzuki mengatakan, keberadaan PP ini dapat segera ditindaklanjuti pemerintah daerah lewat peraturan daerahnya.

Hal itu karena belum banyak daerah yang ikut menyelaraskan perda rencana tata ruang wilayah (RTRW) dengan PP No 21 tentang penataan ruang ini.

"Salah satu terobosan yang diatur oleh PP ini adalah Rencana Tata Ruang yang dijadikan sebagai single reference untuk dasar perizinan KKPR (Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang)," kata Kamarzuki di Semarang, Selasa (27/4/2021).

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: