Pemkab Kendal Siapkan Jalan Baru Pasca Longsor di Dusun Cipluk

Eddie Prayitno ยท Minggu, 23 Februari 2020 - 11:47 WIB
Pemkab Kendal Siapkan Jalan Baru Pasca Longsor di Dusun Cipluk
Jalan di Kendal, Minggu (23/2/2020) (Foto: iNews/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal menyiapkan jalan baru untuk menggantikan jalan yang tertutup longsor di Dusun Cipluk, Kecamatan Kalices. Nantinya, jalan tersebut ditargetkan bisa digunakan warga secara terbatas dalam sepekan ke depan.

Jalan baru ini akan memutar sejauh satu kilometer dan diperkirakan selesai akhir bulan ini. Jalan baru yang melintasi tanah Perhutani ini sudah mulai dikerjakan dengan alat berat, Minggu (23/2/2020).

Alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Kabupaten Kendal langsung diturunkan ke lokasi longsor di jalan penghubung Dusun Cipluk- Dusun Kalices. Jalan yang terkena longsor tidak diperbaiki karena lokasinya yang rawan.

"Tadinya mau digeser 200 meter, tapi masih takut longsor," kata Kepada Dinas PUPR Kendal Sugiono.

Sugiono menuturkan nantinya jalan baru tersebut masih bersifat darurat. Jalan tersebut ditargetkan sudah bisa dilalui kendaraan kecil dan sepeda motor dalam sepekan.

Sementara nantinya usai bersihkan, akses jalan ini tetap akan dibeton sesuai dengan jalan yang longsor. Ada sekitar 1 kilometer jalan yang akan dibangun.

"Insyaallah akan muat mobil," kata Sugiono.

Sebelumnya, jalan sepanjang 237 meter yang dibangun dengan anggaran Rp70 ditimpa longsor. Padahal jalan tersebut baru tiga bulan selesai dibangun. Akibatnya akses tiga kecamatan terganggu.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq