Pemkot Salatiga Ingin Bangun Wisata Religi di Candiwesi

Angga Rosa · Senin, 21 Desember 2020 - 22:34:00 WIB
Pemkot Salatiga Ingin Bangun Wisata Religi di Candiwesi
Kawasan sawah yang akan digunakan sebagai tempat wisata religi di daerah Domas, Sidorejo, Salatiga, Senin (21/12/2020). (Foto: Angga Rosa/Sindonews)

SALATIGA, iNews.id-Pemkot Salatiga berencana membangun tempat wisata religi sebagai wujud Salatiga kota toleransi di Indonesia. Lahan aset daerah di kawasan Candiwesi, Kelurahan Bugel, Kecamatan Sidorejo bakal menjadi lokasi.  

Kepala Badan Kesbangpol Salatiga, Joko Haryono mengatakan, pembangunan wisata religi sudah disepakati tokoh agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Salatiga. "Dari audensi beberapa waktu lalu, FKUB mendukung pembangunan wisata religi,” kata Joko Haryono, Senin (21/12/2020).

Hal ini  sebagai wujud Salatiga sebagai kota toleran. Secara teknis pembangunan fisik diserahkan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR). "Kesbangpol merupakan badan pembina ormas termasuk di dalamnya FKUB. Untuk kegiatan fisiknya, kami serahkan ke DPUPR," ujarnya. 

Plt Kepala DPUPR Salatiga, Yunus Juniadi mengatakan, perlu survei lapangan sebelum dimulai pembangunan. Sebab lahan yang akan ditempati masih area persawahan. "Sebelum pembangunan dimulai, harus dilakukan pemadatan dan lainnya," jelas Yunus. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Bagikan Artikel: