Pendaftar Calon Polisi di Polda Jateng Menyusut, Ini Penyebabnya

Saladin Ayyubi ยท Selasa, 07 Agustus 2018 - 20:58:00 WIB
Pendaftar Calon Polisi di Polda Jateng Menyusut, Ini Penyebabnya
Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono menyiramkan air kembang mawar kepada calon bintara di SPN Purwokerto, Jateng. (Foto: iNews.id/Saladin Ayyubi)

BANYUMAS, iNews.id – Minat masyarakat untuk menjadi anggota Polri terus menurun. Hal itu terlihat dari jumlah calon bintara yang diterima di Sekolah Polisi Negara (SPN) Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah Tahun Ajaran (TA) 2018.

Tahun ini, SPN Purwokerto hanya menerima 320 calon bintara. Jumlah itu berkurang separuh lebih dari calon bintara pada 2017 lalu yang mencapai 750 orang.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono mengatakan, berkurangnya calon bintara ini karena Mabes Polri lebih memprioritaskan pengisian personel polda-polda yang baru terbentuk khususnya di luar Jawa, seperti di Papua Barat.

Kapolda mengakui, saat ini rasio perbandingan personel polisi dengan jumlah masyarakat masih jauh dari berimbang. “Jumlah masyarakat di jawa tengah sendiri tercatat kurang lebih 39 juta, sementara jumlah polisi hanya 35.000 personel,” katanya saat memimpin upacara pembukaan pendidikan pembentukan bintara Polri TA 2018 di SPN Purwokerti, Banyumas, Selasa (7/8/2018).

Menurut Kapolda, jumlah idela rasio perbandingan polisi dan masyarakat adalah 1 banding 600, namun kenyataan yang terjadi saat ini justru perbandingannya adalah satu polisi berbanding 1.000 lebih masyarakat.

“Jumlah ini memang jauh dari ideal, tapi warga Jawa Tengah ikut mendukung dan bersama-sama mewujudkan kamtibmas,” katanya.

Sementara itu, pembukaan pendidikan pembentukan bintara Polri di SPN Purwokerto dimeriahkan dengan tarian dari anggota Bhayangkari dan Polwan. Upacara pembukaan tersebut kemudian diakhiri dengan pelepasan burung serta penyiraman air bunga mawar terhadap calon bintara.

Editor : Kastolani Marzuki