Penembak Jitu Disiapkan di Sejumlah Gereja Prioritas Satu di Solo

Septyantoro ยท Selasa, 24 Desember 2019 - 16:04:00 WIB
Penembak Jitu Disiapkan di Sejumlah Gereja Prioritas Satu di Solo
Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel dan Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi memantau pengamanan di sejumlah gereja di Solo, Jateng, Selasa (24/12/2019). (Foto: Septyantoro)

SOLO, iNews.id – Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel dan Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi melakukan pemeriksaan bersama di sejumlah gereja di Solo jelang ibadah misa Natal, Selasa (24/12/2019). Kapolda Jateng mengatakan akan melibatkan penembak jitu dalam pengamanan di gereja prioritas satu di Solo.

Rycko mengatakan akan menempatkan penembak jitu di enam gereja yang masuk prioritas satu di Solo. Dia mengatakan hal itu dilakukan untuk memberi rasa aman dalam perayaan hari raya Natal.

“Kami siapkan penembak jitu di gereja prioritas satu untuk memberi rasa aman kepada masyarakat. Penembak jitu ditempatkan agar orang yang berniat melakukan tindakan kriminal bisa dicegah membuat keonaran,” kataya usai pemantauan.

Meski demikian, dia tetap memastikan 22 gereja prioritas kedua dan 133 gereja prioritas ketiga tetap dalam pengamanan pihak berwajib. Sementara Pangdam IV Diponegoro memastikan akan mendukung pengamanan yang dilakukan Polda Jateng.

“Kami siap mendukung Polda Jateng dan kami sudah menyiapkan satu satuan setingkat peleton pada masing-masing Kodim di wilayah Korem 074 Warastratama dan satu SSK on call di Korem serta dua SSK di Batalion 408 Suhbrasta,” katanya.

Polda jateng akan mengikutsertakan elemen organisasi kemasyarakatan untuk menjaga gereja-gereja pada setiap pelaksanaan misa. Kapolda meminta petugas yang berjaga melakukan tindakan tegas terukur kepada pihak yang coba mengganggu keamanan.


Editor : Rizal Bomantama