Percepat Deteksi Corona, Ganjar Pranowo Targetkan 1.000 Tes PCR per Hari

Taufik Budi ยท Minggu, 03 Mei 2020 - 20:00 WIB
Percepat Deteksi Corona, Ganjar Pranowo Targetkan 1.000 Tes PCR per Hari
Simulasi tes PCR corona di RSND Undip (Foto: Dok Humas Pemprov Jateng)

SEMARANG, iNews.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menargetkan bisa memeriksa 1.000 spesimen tes polymerase chain reaction (PCR) per hari. Dengan pemeriksaan yang cepat, langkah penanganan kepasien juga lebih cepat ditentukan.

"Kalau sekarang sekira 600-an ya kita menghitung sampai 1.000 harapan saya," kata Ganjar di sela-sela pertemuan dengan tujuh pengelola laboratorium tes PCR yang ada di Jawa Tengah dan Yogyakarta, Minggu (3/5/2020).

Ganjar mengatakan, perlu ada penambahan sekitar 400-an tes PCR. Masalah itu bisa diselesaikan dengan modernitas alat. “Terus kesiapan kesiapan tenaga ahli. Terus reagen termasuk primernya ini yang harus ada komplit, lengkap," ujarnya.

Ganjar menerangkan, kecepatan tes PCR penting untuk meningkatkan manajemen penanganan Covid-19. Selama ini, banyak pasien yang dirawat di rumah sakit lama hanya karena menunggu hasil tes keluar.

"Padahal saat tes keluar, ternyata negatif. Atau ada pasien yang sampai meninggal hasil tesnya belum keluar. Kami tidak mau itu terjadi terus, makanya kecepatan tes PCR ini sangat menentukan pengelolaannya," paparnya.

Dari para pengelola laboratorium itu, Ganjar juga mendapat banyak masukan, termasuk ketersediaan tenaga ahli, reagen atau primer serta masukan lainnya.

"Nanti akan kami penuhi satu persatu, termasuk soal adanya peralatan yang belum lengkap dan tidak bisa difungsikan. Nanti kami lengkapi secepatnya," katanya.

Tujuh pengelola laboratorium dikumpulkan di ruang rapat Gedung A lantai 2 Kompleks Kantor Gubernur Jateng. Di antaranya BBTKL Yogyakarta, Laboratorium Litbang Vektor Salatiga, RSUP Kariadi, RSUD Moewardi, RSND Undip, RSUD Wongsonegoro, dan RS UNS Solo.


Editor : Kastolani Marzuki