Percepat Vaksinasi PMK, Pemkab Boyolali Siapkan Ratusan Vaksinator

Tata Rahmanta ยท Kamis, 30 Juni 2022 - 15:31:00 WIB
Percepat Vaksinasi PMK, Pemkab Boyolali Siapkan Ratusan Vaksinator
Petugas vaksinator saat melakukan vaksinasi PMK ke ternak sapi di Kabupaten Boyolali. Foto: iNews/Tata Rahmanta.

BOYOLALI, iNews.id Pemkab Boyolali melakukan berbagai upaya guna mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK). Salah satunya dengan menyiapkan ratusan vaksinator dari berbagai unsur guna percepatan vaksinasi PMK di 22 kecamatan. 

Vaksinasi PMK di Boyolali telah dilaksanakan di Kecamatan Selo, Kecamatan Andong dan Kecamatan Mojosongo. Namun minimnya jumlah tenaga vaksinator, membuat dinas yang menangani menjadi kewalahan. 

Untuk mengejar target sebelum Idul Adha selesai, Pemkab Boyolali merekrut dan memberikan pembekalan kepada 155 relawan vaksinator PMK.  Mereka berasal dari unsur veteriner ASN, medis, nonmedis, paramedis, inseminator dan penyuluh nonmedik. 

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Boyolali Insan Adi Asmono mengatakan, relawan akan disebar di 22 kecamatan.

“Para vaksinator diimbau mematuhi protokol yang berlaku sesuai dengan zona PMK yang ditangani,” kata Insan Adi Asmono, Kamis (30/6/2022). 

Pemkab Boyolali sengaja memperkuat tim pengobatan, pengecekan SKKH, screening vaksinasi dan tim vaksinator, sehingga program vaksinasi PMK bisa selesai sesuai jadwal. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Bagikan Artikel: