Perdana, Begini Pemberkatan Nikah di Gereja PAI Solo sesuai Protokol Kesehatan

Agregasi Solopos ยท Senin, 29 Juni 2020 - 08:16 WIB
Perdana, Begini Pemberkatan Nikah di Gereja PAI Solo sesuai Protokol Kesehatan
Pasangan yang baru menikah melepas burung di depan Gereja Pengharapan Allah Indonesia Solo Jl Dr Cipto Mangunkusumo No 35, Solo, Minggu (28/6/2020). (Foto: Solopos/Wahyu Prakoso)

SOLO, iNews.id - Gereja Pengharapan Allah Indonesia (PAI) Solo menggelar pemberkatan pernikahan pertama dengan protokol kesehatan, Minggu (28/6/2020). Salah satu syarat yang wajib dijalankan yakni, tamu undangan dibatasi hanya 30 orang.

Ibadah pemberkatan nikah di gereja yang terletak di Jalan Dr Cipto Mangunkusumo No 35, Solo, itu berlangsung sesuai dengan Perwali No. 10/2020 dan Surat Edaran (SE) Kementerian Agama. Hanya ada sekitar 30 tamu dari keluarga pasangan Sandy dan Yusan Sanjaya. Para tamu yang hadir wajib membersihkan tangan dengan hand sanitizer dan mengisi buku tamu untuk mengantisipasi kebutuhan tracing.

Selain itu, tamu pemberkatan nikah di Gereja PAI Solo harus diukur suhu tubuhnya dan duduk dengan kursi berjarak satu meter. Para tamu, pemain musik, gembala sidang, dan pasangan pengantin wajib memakai masker dengan benar. Pengelola rumah ibadah tidak segan-segan menegur tamu yang kedapatan tidak memakai masker dengan benar.

Gembala Sidang Gereja PAI Solo, Liem Pik Jiang, memimpin pemberkatan nikah selama 30 menit. Dia mengingatkan jemaat mengenai kebiasaan baru yang membutuhkan perjuangan dan waktu untuk berproses.

Pandemi Covid-19 yang mengharuskan setiap orang memakai masker memang mudah bagi sebagian orang yang sudah terbiasa memakai masker. Tetapi protokol kesehatan itu sulit bagi sebagain besar orang karena belum terbiasa.

Orang yang belum terbiasa mungkin akan mengalami sesak napas ketika memakai masker. Sama halnya dengan acara nikah menggunakan protokol kesehatan yang merupakan kebiasaan baru bagi pasangan dari dua orang yang tumbuh dari kebudayaan berbeda.

Perjuangan yang dilalui pasangan menikah dapat diambil dari kisah Abraham dan Sara. Pasangan tersebut membutuhkan perjuangan dan waktu sampai akhirnya diberkati Tuhan dan dikarunia anak. Mereka diberkati karena Sara tunduk dengan suami dan sang suami mengasihi istri.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Gereja PAI Solo, Andre Daud menjelaskan ibadah pemberkatan nikah Minggu (28/6/2020) siang itu merupakan perdana selama pandemi Covid-19. Jadwal ibadah pemberkatan nikah terisi hingga akhir tahun setelah adanya pelonggaran dari SE Kemenag dan Perwali Solo.

“Kami menginformasikan kepada jemaat yang akan melakukan pemberkatan nikah. Kelihatannya jadwal ibadah banyak sampai akhir tahun," katanya.

"Kami memiliki sekitar 1.000 jemaat dan sudah melakukan ibadah raya. Kini ibadah raya bertambah karena ada pembatasan jarak, yaitu pukul 07.00 WIB, 09.00 WIB, 16.00 WIB, dan 18.00 WIB. Ibadah berlangsung satu jam saja,” ujar Andre.

Artikel ini telah tayang di Solopos.com dengan judul "Perdana Pakai Protokol Kesehatan, Begini Jalannya Pemberkatan Nikah Di Gereja PAI Solo"


Editor : Nani Suherni