Peringati Hari Pahlawan, Pelajar Bersama TNI dan Polri Bersih-Bersih Rumah Jenderal Sudirman di Purbalingga

Saif Hajarani ยท Minggu, 10 November 2019 - 09:10 WIB
Peringati Hari Pahlawan, Pelajar Bersama TNI dan Polri Bersih-Bersih Rumah Jenderal Sudirman di Purbalingga
Personel TNI dan Polri bersama ratusan pelajar membersihkan rumah replika Pahlawan Nasional Jenderal Sudirman di Purbalingga. (Foto: iNews/Saif).

PURBALINGGA, iNews.id - Ratusan pelajar didampingi jajaran TNI dan Polri di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng), melakukan kegiatan gotong royong membersihkan rumah tempat lahir Pahlawan Nasional Jenderal Sudirman. Kegiatan ini sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa-jasa pahlawan.

Gerakan bersih-bersih di lingkungan rumah tempat lahir Jendertal Sudirman, kawasan Desa Karangjati, Kecamatan Rembang, merupakan salah satu kegiatan Bakti TNI yang dilakukan Serempak di seluruh wilayah Purbalingga, dipimpin oleh Dandim Letkol Infanteri Yudhi Novrizal.

"Rumah ini merupakan salah satu ikon Kabupaten Purbalingga. Menjadi tempat dilahirkan dan dibesarkannya Pak Jenderal Sudirman," kata Yudhi kepada wartawan di tempat tersebut, Sabtu (9/11/2019) kemarin.

Rumah tersebut merupakan replika yang dibangun sekitar 40 kilometer dari pusat kota, untuk mengenang keberadaan pahlawan nasional itu di tengah-tengah warga. Di dalam rumah, banyak peninggalan bersejarah, serta gambaran perjuangannya melawan penjajah.

Yudhi juga mengatakan, kegiatan ini bukan sekadar soal gotong royong membersihkan rumah replika tersebut. Tapi nilai-nilai monumental yang ada di dalamnya, bahwa di sini merupakan tempat bersejarah, dan mengandung banyak cerita tentang sang pahlawan nasional itu.

"Di sini ada nilai-nilai monumental," kata dia.

Dia berharap, kegiatan ini memberikan edukasi kepada generasi muda agar tidak melupakan jasa pahlawan dengan terus merawat peninggalan-peninggalan pahlawan, baik yang berupa materiil seperti rumah replika, serta rasa meningkatkan semangat nasionalisme.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal