Petani di Desa Ini Sulap Jerami Menjadi Beragam Instalasi Seni

Widodo Waluyo ยท Senin, 24 Mei 2021 - 11:46:00 WIB
Petani di Desa Ini Sulap Jerami Menjadi Beragam Instalasi Seni
Warga saat selfie di instalansi seni yang terbuat dari jerami membentang di Desa Blambangan, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara. Foto:iNews/Widodo Waluyo.

BANJARNEGARA, iNews.idPetani di Banjarnegara memanfaatkan jerami menjadi karya seni dengan beragam instalasi menarik. Kreativitas para petani membuat warga yang melintas menjadi penasaran.

Hamparan sawah yang membentang di Desa Blambangan, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara kini tampak berbeda. Jika biasanya hanya terlihat tumpukan limbah jerami pascapanen, namun kini ada beragam jenis karya seni yang dibuat dari limbah jerami. 

Seperti pesawat, perahu, ketupat, hingga bedug. Instalasi membuat warga penasaran. Masyarakat yang melintas, lalu masuk untuk melihat dari dekat dan berswafoto. Usai panen padi, para petani memanfaatkan limbah jerami. 

Selain unik, petani mengaku untuk mengistirahatkan tanah sebelum memulai masa tanam. Dengan ini, petani yakin tanah akan bertambah subur. Untuk membuat instalasi di sawah dengan luas sekitar 1.500 meter persegi, para petani membutuhkan jerami lebih dari tiga truk. 

“Jerami berasal dari limbah padi di area sawah di Desa Blambangan,” kata Kuat Heri Isnanto, koordinator pembuat patung jerami. 

Bagi warga yang penasaran, tidak dikenakan biaya masuk. Hanya mengisi kotak seikhlasnya. Meskipun unik dan menarik, patung-patung dari jerami ini tidak selamanya. Saat musim tanam tiba, para petani akan membongkar dan digunakan kembali untuk bercocok tanam. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Bagikan Artikel: