Polda DIY Tangkap 6 Remaja di Bawah Umur Bersenjata Gir, Sebagian Putus Sekolah

Kuntadi ยท Selasa, 31 Desember 2019 - 15:00 WIB
Polda DIY Tangkap 6 Remaja di Bawah Umur Bersenjata Gir, Sebagian Putus Sekolah
Senjata gir dan sejumlah barang bukti lainnya diamankan saat polisi menangkap enam remaja yang melakukan klitih di Yogyakarta. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

YOGYAKARTA, iNews.id – Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengamankan enam pemuda yang diduga akan melakukan tindak kejahatan jalanan atau dikenal dengan klitih. Sebagian dari mereka masih duduk di bangku sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).

Petugas mengamankan sebuah gir bekas motor yang dikombinasikan dengan sabuk yang dipakai untuk melukai korban. Pencegahan aksi klitih ini berhasil diungkap oleh polisi pada Selasa (31/12/2019) dini hari. Enam remaja itu diamankan di Jalan Wates, tepatnya di Wirobrajan.  

Mereka yang diamankan adalah BS (14) warga Mantrijeron, Yogyakarta yang duduk dibangku SMP dan AR (13) warga Wirobrajan, Yogyakarta yang masih duduk di bangku SD. Selain itu  juga diamankan RBS (14) warga Kasihan, Bantul yang putus sekolah; DAF (15) warga Kasihan, Bantul yang duduk di bangku SMP; KC (16) warga Kasihan, Bantul yang putus sekolah serta ADS (14) warga Kasihan Bantul yang duduk di bangku SD.

Pelaku bernama DAF tertangkap basah membawa senjata berupa gir. “Kita berhasil mencegah aksi klitih dan mengamanan enam remaja dengan barang bukti sebuah gir dan tiga sepeda motor,” kata Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yulianto, Selasa (31/12/2019).

Pengungkapan kasus ini berawal informasi dari masyarakat yang resah dengan adanya aksi klitih oleh remaja di jalanan. Mereka sempat mengancam korban berinisial BY (33) dan FF (28) setelah membuntuti dari kawasan Pelemgurih. Para pelaku juga mengeluarkan sabuk gir dan pentungan dan diayun-ayunkan di jalanan.

Korban kemudian berbelok masuk kampung melanjutkan aksinyake arah timur. Para pelaku berhasil diamankan petugas yang sedang patroli dan langsung menggelandang ke kantor polisi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Dua di antara yang diamankan ini, beberapa waktu lalu sempat ditangkap karena kasus minuman keras,” kata Yulianto.   


Editor : Rizal Bomantama