Polda Jateng Perpanjang Penyekatan Arus Balik ke Jakarta hingga 7 Juni

Taufik Budi ยท Minggu, 31 Mei 2020 - 03:02 WIB
Polda Jateng Perpanjang Penyekatan Arus Balik ke Jakarta hingga 7 Juni
Tim gabungan melakukan pemeriksaan ketat terhadap setiap pemudik yang hendak keluar dari wilayah Provinsi Jateng melalui Tol Kalikangkung, Sabtu (30/5/2020). (Foto: iNews/Taufik Budi)

SEMARANG, iNews.id - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jateng) memperpanjang masa penyekatan arus balik dari provinsi ini ke Jakarta. Petugas gabungan akan bersiaga dan memeriksa kelengkapan dokumen pemudik di pos-pos penyekatan.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, penyekatan diperpanjang selama tujuh hari ke depan hingga 7 Juni 2020, bersamaan dengan Operasi Ketupat Candi 2020.

"Batas waktu operasi ketupat candi kita perpanjang sampai satu pekan ke depan mulai terhitung hari ini sampai tanggal 7 Juni 2020," kata Luthfi di lokasi Pos Tol Kalikangkung, Sabtu (30/5/2020).

Dia mengatakan, Operasi Ketupat Candi 2020 sebelumnya telah diberlakukan sejak 24 April sampai 25 Mei 2020. Selama operasi tersebut, Polda Jateng telah memutar arus balik terhadap kendaraan dari luar Jateng sebanyak 5.400 kendaraan di 13 pintu masuk wilayah ini.

"Kemudian dilanjutkan dengan pemutaran arus balik terhitung mulai 26 Mei sampai dengan hari ini H+7. Ini kami sinyalir sangat lengang sekali. Ini dibuktikan kami telah memutar arus balik sebanyak 3.400. Jadi kalau ditotal, hampir sebanyak 8.700 kendaraan bisa kami putar balikkan," katanya.

Petugas akan melakukan pemeriksaan ketat terhadap setiap kendaraan pemudik. Selain memastikan kesehatan pemudik dengan pengecekan suhu, petugas memeriksa para pengendara yang mesti mengantongi Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) wilayah dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.


Editor : Maria Christina