Polisi Akan Tindak Tegas Peserta Kampanye Pakai Mobil Bak Terbuka

Eddie Prayitno · Jumat, 22 Maret 2019 - 19:40:00 WIB
Polisi Akan Tindak Tegas Peserta Kampanye Pakai Mobil Bak Terbuka
Kapolres Kendal AKBP Hamka Mappaita menyematkan pita ke persoel TNI/Polri saat apel gelar pasukan pengamanan kampanye tebuka di halaman Mapolres Kendal, Jumat (22/3/2019). (Foto: iNews.id/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id – Jelang kampanye terbuka Pemilu 2019, polisi melarang peserta kampanye yang datang ke rapat umum menggunakan mobil bak terbuka.

Peserta kampanye yang menggunakan sepeda motor juga tidak boleh menggunakan knalpot racing dan diminta tetap mematuhi peraturan lalu lintas.

Pernyataan itu disampaikan Kapolres Kendal AKBP Hamka Mappaita seusai apel gelar pasukan pengamanan kampanye tebuka di halaman Mapolres Kendal, Jumat (22/3/2019). Apel dihadiri anggota Polres Kendal, TNI, organisasi massa dan linmas.

Hamka juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk menjaga stabilitas keamanan dalam pelaksanaan Pemilu serentak 2019. Kapolres juga meminta agar netralitas TNI/Polrti benar-benar dijaga.

“Kami juga meminta kepada para pimpinan partai politik agar pada massa kampanye terbuka untuk partisipasi aktif dalam kampanya, termasuk tim sukses juga harus terjun langsung ke mayarakat agar tidak sampai terjadi hal yang tidak di inginkan,” katanya.

Kapolres berharap dalam kampanye terbuka nanti bisa berjalan tertib dan tidak ada pelanggaran. “Jika sampai ada pelanggaran maka akan ditindak tegas sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku,” tandasnya. 

Untuk mengamankan kampanye terbuka, Polres Kendal menyiapkan 1.500 personel gabungan TNI/Polri termasuk di dalamnya ada ormas, LSM dan elemen masyarakat.

Kapolres menambahkan dalam pengamana pemilu, pihaknya sudah memetakan daerah rawan konflik. Dalam kampaye terbuka nanti juga sudah disepakati jadwal kampaye lokasinya, sehingga tidak terjadi saling ejek antar pendukung.

“Dalam pola pengamanan TPS, dua personel delapan TPS, namun di dalamnya ada linmas dan unsur lainnya,” ucapnya.

Usai melaksanakan upacara, Kapolres didampingi Dandim 0715/Kendal Letkol Inf Ginda Mohammad Ginanjar memeriksa kesiapan sarana kendaraan untuk melakukan patroli kampanye Pemilu 2019. Selain itu, dilakukan deklarasi dari pimpinan partai politik untuk menjaga pemilu damai.


Editor : Kastolani Marzuki