Polisi Sita 22 Kendaraan Bermotor Hasil Curian di Banyumas Sejak Oktober

Antara ยท Minggu, 20 Oktober 2019 - 17:44 WIB
Polisi Sita 22 Kendaraan Bermotor Hasil Curian di Banyumas Sejak Oktober
Ilustrasi pencurian motor. (Foto: Istimewa).

PURWOKERTO, iNews.id - Petugas Satreskrim Polres Banyumas, Jawa Tengah (Jateng), berhasil mengamankan 22 kendaraan bermotor hasil kejahatan, yang terdiri atas 20 unit sepeda motor dan dua unit mobil pikap. Ini merupakan hasil tindakan kejahatan pencurian sejak Oktober 2019.

Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun dalam konferensi pers di halaman Markas Polres Banyumas, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Minggu (20/10/2019) mengatakan semua barang sitaan ini terkait dengan kasus pencurian dengan pemberatan dan pencurian dengan kekerasan, yang kerugiannya berupa kendaraan bermotor.

“Polisi mengungkap 18 laporan dari masyarakat dan pelaku sebanyak 23 orang yang terbagi atas beberapa kelompok,” katanya.

Dari 23 tersangka, dua pelaku terlibat pencurian dengan pemberatan, 11 tersangka terlibat pencurian dengan kekerasan, dan sisanya 10 tersangka merupakan penadah. Selain itu, dua di antara 23 tersangka ini merupakan peremuan dan dua tersangka termasuk di bawah umur. Dia menegaskan, polisi akan memproses pelaku dan juga penadahnya ini hingga sidang pengadilan.

"Mayoritas pelaku merupakan warga Kabupaten Banyumas dan ada beberapa yang merupakan residivis," katanya.

Sepeda motor hasil curian tersebut dijual dengan harga berkisar Rp2 juta hingga Rp4 juta per unit. Para tersangka masih menjalani pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas Satreskrim Polres Banyumas.

Para pelaku pencurian ini akan dijerat Pasal 265 dan Pasal 365 KUHP. Sedangkan penadah akan dijerat Pasal 480 KUHP dengan acaman hukuman lebih dari lima tahun penjara.


Editor : Umaya Khusniah