Polres Bantul Tindak Tegas Pungli Berkedok Parkir di Lokasi Wisata

Antara ยท Rabu, 25 Desember 2019 - 19:00 WIB
Polres Bantul Tindak Tegas Pungli Berkedok Parkir di Lokasi Wisata
Parkir kendaraan bermotor. (Foto: Dok iNews)

BANTUL, iNews.id – Polres Bantul akan menindak tegas petugas atau penyelenggara jasa parkir di lokasi wisata yang menerapkan tarif parkir tak sesuai ketentuan. Hal itu dilakukan Polres Bantul agar tak ada pengunjung merasa dirugikan akibat tarif parkir melonjak yang selalu dikeluhkan saat musim libur datang.

Kapolres bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono mengatakan penerapan tarif parkir tak sesuai ketentuan rawan terjadi di Yogyakarta saat libur akhir tahun seperti ini. Karena Yogyakarta dipastikan ramai oleh wisatawan pada masa-masa liburan.

“Kalau tarif parkir melebihi ketentuan berarti pungutan liar, akan kami tindak tegas dengan peraturan perundang-undangan dan peraturan daerah. Yang jelas akan kami tindak tegas,” katanya, Rabu (25/12/2019).

Wachyu mengatakan polisi akan melakukan langkah pencegahan sebelum melakukan tindakan tegas. Yaitu melakukan sosialisasi kepada petugas atau penyelenggara jasa parkir agar tak menaikkan tarif sembarangan. Termasuk kepada para pedagang.

“Kami akan melakukan pembinaan terlebih dahulu melalui Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan kepolisian sektor kepada para petugas, penyelenggara jasa parkir, dan pedagang agar tak menaikkan tarif sembarangan,” ujarnya.

Dia mengatakan akan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten untuk menentukan sanksi bagi pelanggar jika ditemukan kenaikan tarif parkir yang tak wajar. “Kami juga akan koordinasi dengan Satpol PP, bila itu terjadi apakah masuk gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat pidana, atau mengganggu ketertiban umum,” ucapnya.


Editor : Rizal Bomantama