Prakiraan Cuaca, Sebagian Kecil Cilacap Masuki Kemarau Bulan Mei

Antara ยท Selasa, 27 April 2021 - 20:06:00 WIB
Prakiraan Cuaca, Sebagian Kecil Cilacap Masuki Kemarau Bulan Mei
Peta prakiraan awal musim kemarau tahun 2021 di wilayah Jawa Tengah. Foto: ANTARA/HO-BMKG.

CILACAP, iNews.id - Sebagian kecil wilayah Kabupaten Cilacap diprediksi memasuki musim kemarau pada bulan Mei 2021. Sedangkan sebagian besar wilayah tersebut memasuki kemarau di bulan Juni. 

"Jika melihat data perkembangan curah hujan dalam tiga dasarian (10 harian) terakhir, sebagian kecil wilayah Cilacap bagian timur-selatan diprakirakan akan memasuki awal musim kemarau pada bulan Mei,” kata Kepala Kelompok Teknisi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo, Selasa (27/4/2021). 

Sedangkan di sebagian besar wilayah Cilacap, musim kemarau diprediksi mulai berlangsung di bulan Juni.  Prakiraan awal musim kemarau di sebagian kecil wilayah Cilacap bagian timur-selatan,  didasarkan pada curah hujan dalam tiga dasarian terakhir yang cenderung menurun. 

Curah hujan di wilayah itu, pada dasarian pertama bulan April tercatat sekitar 80 milimeter. Dasarian kedua sekitar 35 mm, dan pada dasarian ketiga yang sedang berjalan telah ada tiga hari hujan dengan intensitas ringan, 3 mm, 6 mm, dan 8 mm.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2