Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Gondang di Karanganyar

Wahyuendro ยท Kamis, 02 Mei 2019 - 15:46 WIB
Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Gondang di Karanganyar
Presiden Jokowi bersama yang lain saat akan menyalakan sirena tanda peresmian pembangunan Bendungan Gondang di Karanganyar, Jateng. (Foto: iNews/Wahyuendro)

KARANGANYAR, iNews.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Gondang di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (2/5/2019). Bendungan yang mulai dibangun sejak 2014 ini mampu untuk mengairi lahan seluas 4.680 hektare untuk wilayah Karanganyar dan Sragen.

Presiden mengatakan, air dalam bendungan ini diperkirakan akan mulai penuh ditampung pada September mendatang. Bendungan Gondang memang mayoritas airnya akan banyak mengairi wilayah Kabupaten Sragen, namun juga dapat dinikmati masyarakat Karanganyar.

"Bendungan Gondang ini kita lihat sudah selesai. Ini tinggal ditutup (pintu air) nanti air mulai menggenang. Dan diharapkan bulan September airnya sudah penuh," ujar Jokowi, seusai peresmian, Kamis (2/5/2019).


Diketahui, pembangunan bendungan ini menghabiskan dana anggaran hingga Rp657 miliar. Lokasi pembangunannya di daerah perbukitan lereng Gunung Lawu, tepatnya di Desa Gempolan, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

BACA JUGA: Pesan Jokowi di Hari Buruh: Kerja Keras, Terampil dan Produktif

Diharapkan dengan beroperasinya Bendungan Gondang, produktivitas pertanian akan meningkat. Selain itu, kebutuhan air bersih di beberapa daerah yang selama ini mendapat masalah juga dapat teratasi.

Pembangunan Bendungan Gondang merupakan bagian dari program prioritas strategi nasional yang mulai diinisiasi mulai tahun 2001. Data pemerintah, sampai saat ini terdapat 231 bendungan dan dalam lima tahun ke depan akan ditambah lagi 49 bendungan. Jumlah ini baru 20% dari target pemerintah untuk pemenuhan kebutuhan air di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam kunjungan kerja dan acara peresmian tersebut, Presiden Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Mensesneg Pratikno, Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin, Bupati Karanganyar dan Bupati Sragen.


Editor : Donald Karouw