Presiden Jokowi Sebut Tangan Dingin Airlangga Dongkrak Prestasi Wushu

Taufik Budi ยท Rabu, 23 Desember 2020 - 16:14:00 WIB
Presiden Jokowi Sebut Tangan Dingin Airlangga Dongkrak Prestasi Wushu
Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum saat memberikan anugerah gelar doktor honoris causa kepada Menko Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia Dr Ir Airlangga Hartarto MBA MMT IPU di Auditorium Unnes. (Ist)

SEMARANG, iNews.id  – Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut memberikan ucapan selamat kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang menerima gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Negeri Semarang (Unnes).  Meski dikenal sebagai ekomom dan politikus, namun penghargaan bagi Airlangga ini justru diberikan berkat pengabdiannya di bidang olahraga. 

“Pertama-tama saya mengucapkan selamat kepada Bapak Airlangga Hartarto atas penganugerahan dan gelar doktor honoris causa dari Universitas Negeri Semarang,” kata Jokowi, dalam sambutan melalui pemutaran video di Auditorium Unnes, Rabu (23/12/2020).

“Kita sudah lama mengenal Bapak Airlangga sebagai seorang teknolog, seorang teknokrat, seorang menteri, dan Ketua Umum Partai Golkar, tapi sangat sedikit yang mengenal Bapak Airlangga sebagai tokoh yang berperan besar dalam memajukan olahraga wushu di Indonesia,” katanya.

Menurut Jokowi, Airlangga telah berhasil membawa olahraga Wushu pada prestasi gemilang tidak hanya di Tanah Air tetapi juga dunia internasional. Banyak atlet-atlet Wushu yang mencetak prestasi dalam beragam kompetisi di tingkat dunia.

“Melalui sentuhan tangan dinginnya dalam 4 tahun terakhir, cabang olahraga Wushu berhasil meraih berbagai prestasi gemilang di berbagai ajang kompetisi olahraga internasional,” lugasnya.

Untuk itu, dia mengapresiasi Unnes yang memberikan gelar kehormatan akademik kepada Airlangga. Sebab tanpa kepemimpinan yang baik, maka dunia olahraga akan berjalan di tempat hingga kesulitan mencetak prestasi . 

“Penghargaan akademik yang disampaikan hari ini membuktikan pengakuan yang tinggi dari Universitas Negeri Semarang terhadap kontribusi penting Bapak Airlangga Hartarto dalam pendalaman ilmu dan kemajuan dunia olahraga khususnya Wushu di Tanah Air,” ujar dia.

“Kita tahu bahwa kemajuan dunia olahraga tidak muncul dengan sendirinya, di balik prestasi atlet ada peran organisasi, ada faktor kepemimpinan dan juga ada kontribusi pembinaan yang inovatif dan berkelanjutan,” ujarnya.

Editor : Ahmad Antoni

Bagikan Artikel: