Protes Jalan Rusak, Warga Klaten Pasang Batu Nisan dan Tanam Pohon Pisang

Saeful Efendi ยท Selasa, 10 Agustus 2021 - 19:36:00 WIB
Protes Jalan Rusak, Warga Klaten Pasang Batu Nisan dan Tanam Pohon Pisang
Jalan rusak ditanam pohon pisang dan batu nisan. (tangkapan layar IG @kabar_klaten).

Sementara itu, saat konfirmasi ke Kepala Desa (Kades) Pundungsari, Aris Sriyono mengatakan jika sejak 2020 sebenarnya telah direncanakan untuk dilakukan perbaikan. Hanya saja saat itu anggarannya diprioritaskan untuk penanganan Covid-19.

“Tetapi di 2021 ini sudah masuk ke rencana keuangan desa kok. Tinggal pelaksanaannya saja, sudah kita ajukan, ini menunggu pencairan dana desa tahap II. Ada pun anggaran untuk perbaikan jalan sebesar Rp154 juta,” ujar Aris Sriyono.

Dirinya menyayangkan, sikap warga yang menanam pisang dan memasang nisan di tengah jalan berlubang itu dan diunggah di media sosial hingga akhirnya viral itu. 

Seharusnya melakukan konfirmasi terlebih dahulu ke pemerintah desa terkait kerusakan jalan tersebut. Mengingat juga akan dilakukan perbaikan jalan pada tahun ini juga. “Kami sebenarnya sangat terbuka. Seharusnya konfirmasi dulu ke pemerintah desa. Bukannya langsung diunggah di media sosial,” ujarnya.

Dia menilai warga hanya kurang sabar terkait rencana perbaikan jalan sepanjang 750 meter tersebut. Dia berkomitmen untuk melakukan perbaikan jalan yang menghubungkan Desa Pundungsari dengan Desa Planggu, Kecamatan Trucuk tersebut. Hanya saja untuk pelaksanaannya menunggu pencairan dana desa tahap II terlebih dahulu.

“Sebenarnya untuk jalan ini sudah pernah di aspal pada dua tahun lalu tetapi kini kembali mengalami kerusakan. Hanya saja kerusakan pada 2020 tidak separah saat ini karena kontur jalan yang begitu labil. Nanti kita rencanakan yang belum ada taludnya kita lakukan penambalan dan yang sudah ada taludnya kita lakukan pelebaran terlebih dahulu,” ujarnya.

Editor : Ahmad Antoni

Bagikan Artikel: