Puting Beliung dan Hujan Es Terjang Grobogan, Ratusan Rumah Porak Poranda

Rustaman Nusantara ยท Selasa, 26 November 2019 - 12:47 WIB
Puting Beliung dan Hujan Es Terjang Grobogan, Ratusan Rumah Porak Poranda
Warga memperbaiki atap rumah yang rusak diterjang puting beliung di Desa Kronggen, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan, Jateng, Selasa (26/11/2019). (Foto: iNews/Rustaman Nusantara)

GROBOGAN, iNews.id – Angin puting beliung dan hujan es menerjang Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah (Jateng), Senin malam (25/11/2019). Akibatnya, ratusan rumah warga di Desa Kronggen, Kecamatan Brati, rusak dan sebuah gedung sekolah di SMK Wiratama yang tidak digunakan, ambruk.

Pascamusibah itu, sebagian warga memperbaiki genting yang rusak, Selasa (26/11/2019). Sementara warga lain masih enggan dan takut untuk naik ke atas genting karena kondisi atap rumah yang masih basah.

Bangunan sekolah SMK Wiratama yang tidak digunakan lagi, rata dengan tanah diterjang puting beliung di Desa Kronggen, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan, Jateng, Selasa (26/11/2019). (Foto: iNews/Rustaman Nusantara)

 

Informasi dari warga, musibah itu terjadi selama beberapa menit. Banyak warga yang panik karena saat angin kencang berputar dan hujan es itu muncul, mereka sedang beraktivitas di rumah. Angin menerbangkan atap dan memorak-morandakan ratusan rumah warga. Genting rumah berserakan di lantai.

 

BACA JUGA:

Penampakan Angin Tornado di Alun-Alun Ponorogo Bikin Geger Warga

Puting Beliung Terjang 4 Desa di Bojonegoro, 4 Rumah Roboh dan Puluhan Rusak

 

Salah seorang warga Desa Kronggen, Siswoyo, bahkan nyaris tertimpa atap dan genting saat berbaring di tempat tidur. Pria yang sudah 12 tahun sakit dan tidak bisa berjalan ini sempat berteriak minta tolong kepada istrinya.

Namun, sang istri yang juga panik akhirnya tidak berani menolong suaminya. Siswoyo pun pasrah dan hanya bisa berlindung di bawah bantal. Beruntung, atap dan genting yang berjatuhan tidak menimpanya.

“Saya sempat melihat pusaran anging dari arah selatan menghantam rumah saya. Istri saya sudah menangis terus karena ketakutan,” kata Siswoyo, Selasa (26/11/2019).

Genting berserakan di rumah warga yang rusak diterjang puting beliung di Desa Kronggen, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan, Jateng, Selasa (26/11/2019). (Foto: iNews/Rustaman Nusantara)

 

Warga Desa Kronggen lainnya, Subandi mengaku, saat kejadian diriny tengah berada di teras rumah bersama keluarga. Namun, ketika melihat angin kencang mengarah ke rumahnya, dia berusaha menyelamatkan istri dan anak-anak ke dalam rumah.

“Hujannya seperempat menit, anginnya sih cuma sekitar enam menit. Kalau lebih lama lagi, wah enggak tahu bagaimana lagi di sini. Kami hanya berlindung di rumah aja, enggak berani keluar,” ujar Subandi.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Namun, aktivitas warga yang terkena musibah menjadi terganggu. Hingga Selasa pagi, banyak warga yang terpaksa tidak bekerja karena memilih memperbaiki rumah mereka yang rusak.


Editor : Maria Christina