Puting Beliung Terjang Taman Reptil di Purbalingga, Begini Evakuasi Puluhan Ular Berbisa

Catur Edi Purwanto ยท Rabu, 07 April 2021 - 11:40:00 WIB
Puting Beliung Terjang Taman Reptil di Purbalingga, Begini Evakuasi Puluhan Ular Berbisa
Petugas dibantu relawan saat mengevakuasi ular Sanca Albino pascaterjadinya puting beliung yang merusak atap bangunan taman reptil. (iNews/Catur Edi Purwanto)

PURBALINGGA, iNews.id - Puluhan ular berbisa dievakuasi oleh petugas ke tempat yang lebih aman, Rabu (7/4/2021).  Evakuasi dilakukan pascaterjadinya angin puting beliung yang merusak atap bangunan berisi puluhan koleksi ular berbisa di tempat wisata Taman Reptil Purbalingga, Jawa Tengah.
 
Petugas dibantu relawan mengevakuasi seekor ular raksasa Sanca Albino. Selain itu, petugas juga mengevakuasi puluhan koleksi ular berbisa lainnya. Puluhan ular berbisa dipindahkan guna mencegah dari stres 

Direktur Owabong, Eko Susilo  mengatakan, pihaknya memastikan tidak ada satu pun binatang reptil yang lepas. Karena  angin puting beliung merusak atap bangunan dan  tidak merusak kandang reptil.

“Ada beberapa bangunan yang mengalami kerusakan dan ada beberapa pohon yang tumbang. Tetapi  insyaallah hari ini kita selesaikan, kita rapikan. Kami targetkan maksimal hari Jumat, syukur kalau bisa besok,” kata Eko. 

“Perlu saya tegaskan bahwa tidak ada satwa di taman reptil yang keluar atau yang liar itu tidak ada. Semua terkendali. Aman semuanya,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, selain merusak bangunan berisi ular, angin puting beliung juga menumbangkan pohon beringin raksasa yang ada di dalam tempat wisata.

Hingga kini tim relawan gabungan bekerja keras membersihkan puing bangunan yang roboh dan mengevakuasi pohon yang tumbang.

Meskipun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun akibat kejadian ini pihak taman reptil mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Editor : Ahmad Antoni