Ratusan Buruh PT Tossa Shakti Segel Pabrik Tuntut Gaji dan Sisa THR Dibayarkan

Eddie Prayitno ยท Kamis, 25 Juli 2019 - 16:21 WIB
Ratusan Buruh PT Tossa Shakti Segel Pabrik Tuntut Gaji dan Sisa THR Dibayarkan
Ratusan buruh PT Tossa Shakti Kendal mendirikan tenda besar dan menyegel pabrik. Mereka menuntut perusahaan segera membayarkan gaji dua bulan yang tertunggak dan sisa THR. (Foto: iNews.id/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id - Ratusan buruh PT Tossa Shakti menyegel pabrik di Desa Nolokerto, Kecamatan Kaliwungu, Kendal, Kamis (25/7/2019). Tidak hanya menyegel pabrik, ratusan buruh ini juga mendirikan tenda di depan gerbang, sehingga karyawan pabrik terpaksa diliburkan.

Aksi ratusan buruh itu untuk menuntut pihak perusahaan segera membayarkan sisa tunjangan hari raya (THR) dan gaji selama mereka dirumahkan. Buruh tetap akan bertahan di depan pabrik hingga tuntutannya dikabulkan pihak managemen perusahaan.

Aksi demo buruh PT Tossa Shakti ini sudah dilakukan kesekian kali, namun pihak perusahaan belum memberikan kepastian kapan akan membayarkan gaji buruh yang sudah dirumahkan hampir setahun lalu itu.

Koordinator buruh PT Tossa Shakti, Basuki Rahmat mengungkapkan, tuntutan buruh sama dengan yang sebelumnya dilantangkan yakni, gaji bulan Mei dan Juni 2019 dibayarkan dan sisa THR 2018 dan 2019 segera dibayarkan. “Tuntutan kami tetap sama gaji bulan Mei dan Juni segera dibayarkan, termasuk sisa THR 2018-2019,” katanya.

Perwakilan buruh juga sudah menemui Bupati Kendal Mirna Annisa untuk mengadukan nasibnya. Dalam pertemuan itu, Mirna berjanji akan membantu buruh mendapatkan hak-haknya dan menekan perusahaan segera memberikan gaji dan sisa THR. 

Bupati juga akan bersama buruh menyuarakan hak-hak buruh dan jika diperlukan akan bersama menginap di depan pabrik.


Editor : Kastolani Marzuki