Ribuan Pendaki bakal Tanam Pohon di Lereng Gunung Merbabu

Angga Rosa · Sabtu, 18 Desember 2021 - 15:34:00 WIB
Ribuan Pendaki bakal Tanam Pohon di Lereng Gunung Merbabu
Iustrasi- kegiatan penghijauan di kawasan Gunung Merbabu. Foto: Ist.

SALATIGA, iNews.id - Ribuan pendaki dari lintas komunitas membuat program penghijauan di kawasan lereng Gunung Merbabu, 25-26 Desember 2021. Kegiatan ini bertujuan menjaga kelestarian alam serta daerah tangkapan air.

Panitia 1.001 pendaki tanam pohon, Wulandari dari Komunitas TUK mengatakan, pihaknya menargetkan 3.000 pohon ditanam dalam kegiatan ini. Penanaman akan dilakukan di dua titik, yakni Sokowolu Getasan dan Bumi Perkemahan Kayon Getasan.

"Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah ikut bertanggungjawab dan berpartisipasi dalam usaha melestarikan alam di Kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu. Selain itu, memperkokoh semangat gugur gunung dalam kehidupan masyarakat serta memupuk rasa persaudaraan," katanya, Sabtu (18/12/2021).

Penghijauan juga untuk merapatkan vegetasi karena tangkapan air Kota Salatiga adalah di sana. "Kegiatan seperti ini telah dilaksanakan sejak 2015. Ada pohon yang ditebang warga dan ada yang roboh. Maka kami lanjutkan kembali karena titik tersebut penting bagi Kota Salatiga," ujarnya.

Beberapa mata air di Salatiga, sepeti Kalitaman juga mengandalkan tangkapan air dari dua titik di lereng Gunung Merbabu. "Kami berharap masyarakat semakin peduli lingkungan. Sebab kondisi yang memprihatinkan karena ulah kita juga," ucapnya. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Bagikan Artikel: