Ribuan Perempuan Berkebaya di Sleman DIY Pecahkan Rekor Dunia

Gunanto Farhan ยท Jumat, 21 Februari 2020 - 08:58 WIB
Ribuan Perempuan Berkebaya di Sleman DIY Pecahkan Rekor Dunia
Aksi ribuan perempuan berkebaya dengan membawa pesan perdamaian yang pecahkan rekor dunia di Sleman, DIY, Kamis (20/2/2020). (Fiti: ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

SLEMAN, iNews.id – Ribuan perempuan mengenakan kain kebaya memecahkan rekor dunia kategori perempuan berkebaya terbanyak dengan pesan perdamaian dari Royal World Records di Sleman City Hall, DI Yogyakarta, Kamis (20/2/2020). Sedikitnya ada 2.600 peserta yang ikut dalam acara pelestarian kebaya sebagai pakaian perempuan Indonesia tersebut.

Pantauan iNews, ribuan perempuan berkebaya dengan batik nusantara ini membawa poster perdamaian. Acara juga dimeriahkan dengan tari-tarian yang diiringi lantunan musik serta parade beragam model dan warna warni kebaya serta kain batik nasional.

Panitia acara Diah Purnamasari mengatakan, kegiatan ini untuk memperkenalkan kebaya ke mata dunia internasional. Selain itu sebagai wujud melestarikan kain kebaya sebagai busana asli Indonesia.

“Kami tidak ingin kebaya ini diklaim negara lain. Harapan kami, perempuan di Indonesia menyadari kebaya bisa digunakan untuk setiap aktivitas tidak hanya sebatas pada acara tertentu,” ujar Diah, Kamis (20/2/2020).

Dalam acara ini, awalnya hanya ditarget 2.020 peserta perempuan berkebaya. Namun saat kegiatan berlangsung, jumlah peserta justru melebihi target hingga mencapai 2.600-an.

Acara perempuan berkebaya menyerukan perdamaian dunia ini pun memecahkan rekor dunia kategori perempuan berkebaya terbanyak dengan pesan perdamaian dari Royal World Records.


Editor : Donald Karouw