Ribuan Prajurit dan PNS Kodam IV/Diponegoro Divaksin Bergiliran Selama 28 Hari

Ahmad Antoni · Selasa, 23 Februari 2021 - 09:20:00 WIB
Ribuan Prajurit dan PNS Kodam IV/Diponegoro Divaksin  Bergiliran Selama 28 Hari
Sejumlah pejabat Kodam IV/Diponegoro saat menerima vaksin Covid-19 di RS Bhakti Wira Tamtama Semarang. (Istimewa)

SEMARANG, iNews.id – Puluhan pejabat Kodam IV/Diponegoro penerima Vaksin tahap kedua  menerima suntikan vaksin Covid-19 yang pertama kalinya. Vaksinasi dilakukan di Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Sebelumnya pada bulan Januari 2021 yang lalu, para pejabat bersama para tokoh pemerintah Jateng juga telah menerima suntikan vaksin Covid-19 tahap pertama. 

Selama satu bulan ke depan diharapkan para prajurit yang sudah terdaftar sebagai penerima vaksin di jajaran Makodam IV/Diponegoro serta Satuan yang berada di wilayah Kodam IV/Diponegoro tercover semuanya. 

Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Widi Prasetijono mengatakan, dari data pelaksanaan vaksin Covid-19 Kodam IV/Diponegoro telah menyiapkan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) maupun fasilitas kesehatan tingkat lanjutan (FKTL).

Fasilitas tersebut terdiri dari 61 Faskes dengan jumlah tenaga vaksinator sebanyak 3.299 orang. Adapun sasaran yang akan dilaksanakan vaksin nantinya sebanyak 40.643 orang termasuk prajurit dan PNS yang berdinas di Satuan Akmil, Kostrad dan Kopassus di wilayah Jateng dan DIY.

“Alhamdulillah kita mulai untuk jajaran Kodam IV/Diponegoro sejumlah 40 ribu orang nanti akan kita vaksin seluruhnya, kemudian pelaksanaannya nanti akan kita laksanakan di 61 Faskes, hari ini dilaksaknakan khusus di RST BWT Semarang kemudian besok kita lanjutkan di Faskes-Faskes lainnya,” kata Kasdam, Senin (22/2/2021).

Vaksin ini diprioritaskan kepada para unsur pimpinan setelah para tenaga kesehatan karena unsur pimpinan banyak berinteraksi dengan para prajurit maupun masyarakat sehingga potensi untuk kena tertular dan menularkan cukup besar. Diharapkan langkah ini efektif mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Besok (hari ini) akan kita lanjutkan di Faskes-Faskes lainnya khususnya para Babinsa yang berada di lapangan sehingga harapan kita kurang lebih 28 hari ini akan selesai, kemudian semuanya telah tervaksin dengan baik,” ujarnya. 

Editor : Ahmad Antoni