VIDEO

SAR Goes To School, Kenalkan Peralatan Penanganan Bencana pada Siswa

Kuntadi, Trisna Purwoko · Jumat, 15 Desember 2017 - 00:48 WIB
SAR Goes To School, Kenalkan Peralatan Penanganan Bencana pada Siswa
Sejumlah siswa TK diajak naik hagglund, yang digunakan Basarnas untuk mencari korban bencana. (Foto: iNews)

BANTUL, iNews.id – Badan SAR Nasional (Basarnas) Kantor Yogyakarta menggelar program SAR Goes To School untuk mengenalkan tugas dan peralatan yang dimiliki SAR dalam mencari korban bencana. Program ini menjadi salah satu upaya untuk memberikan pemahaman anak sejak dini tentang tata cara penanganan korban.

Puluhan siswa dari salah satu taman kanak-kanak (TK) datang ke Kantor SAR Yogyakarta berkesempatan mengikuti program ini. Mereka diajak mengelilingi kantor dengan menaiki kendaraan hagglund, yang biasa dipakai untuk mencari korban bencana. Siswa juga naik perahu karet dengan mengenakan helm berikut alat dayung.  

Siswa TK diajak untuk mengenali peralatan dan mengetahui cara menggunakannya. Termasuk melakukan upaya pencarian sejak dini dan upaya pertolongan diri sendiri. “Kami berikan pemahaman kepada anak sejak dini agar memiliki pengetahuan dan kedaruratan serta self rescue pada diri sendiri,” ujar Kasi Operasional Basarnas Yogyakarta Aditya Dwi Hartanto.  

Program pengenalan keadaraan darurat dan penanganan ini juga akan dilakukan kepada masyarakat umum. Selama ini, masyarakat tidak tahu bagaimana menggunakan peralatan ketika terjadi bencana. Padahal, banyak peralatan yang bisa dimanfaatkan untuk penanganan bencana.

Video Editor: Kuntadi


Editor : Maria Christina