Satu Rumah di Semarang Rusak Akibat Bencana Tanah Bergerak

Lurisa Lulu ยท Kamis, 13 Januari 2022 - 08:24:00 WIB
Satu Rumah di Semarang Rusak Akibat Bencana Tanah Bergerak
Rumah di Desa Trayu, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang yang rusak akibat tanah bergerak. Foto: iNews/Lurisa Lulu.

SEMARANG, iNews.id - Sebuah rumah di Desa Trayu, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang rusak akibat tanah bergerak. Tanah ambles terjadi setelah hujan deras yang menggguyur beberapa jam.

Rumah Maria Wiji mengalami kerusakan di bagian kamar mandi dan dapur. Bangunan rumah  sebagian dindingnya retak. Tanah dan pondasi rumah juga ikut ambles. 

Kondisi ini akibat tanah di bawah bangunan mengalami pergerakan. Tanah ambles sedalam sekitar 1,5 meter dengan panjang mencapai 50 meter.  

Sebelum ambles, terjadi hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut. Untungnya, tidak ada korban jiwa maupun luka karena para penghuni berada di ruang tamu dan ruang depan. 

“Satu bulan sebelumnya, lantai dapur dan tembok retak. Meskipun telah ditambal dengan adukan semen, ternyata tidak mampu mencegah amblesnya tanah,” kata Maria Wiji, pemilik rumah, Kamis (11/1/2022). 

Bahkan penghui dua rumah di bawahnya turut mengungsi karena tanah masih bergerak dan terus ambles. Mereka untuk sementara menumpang di rumah tetangga yang dinilai aman dari bencana longsor. 

Tanah ambles berada di daerah perbukitan yang rawan bencana, seperti tanah bergerak hingga longsor.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Bagikan Artikel: