Sepekan Merapi 20 Kali Keluarkan Awan Panas, Pemprov Jateng Terjunkan Tim ke Daerah Rawan

Ahmad Antoni ยท Minggu, 22 Agustus 2021 - 06:49:00 WIB
Sepekan Merapi 20 Kali Keluarkan Awan Panas, Pemprov Jateng Terjunkan Tim ke Daerah Rawan
Gunung Merapi meluncurkan awan panas guguran ke arah barat daya, Jumat (20/8/2021). Foto: Antara/BPPTKG.

SEMARANG, iNews.id - Gunung Merapi terus menunjukkan aktivitas vulkanis tinggi. Dalam sepekan terakhir, gunung yang ada di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta itu 20 kali mengeluarkan awan panas guguran.

Menurut Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pihaknya terus memantau perkembangan kondisi Merapi. Selain aktif berkomunikasi dengan Balai Penyelidikan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), dia  juga sudah menerjunkan tim ke beberapa daerah rawan.

"Kami pantau terus menerus. Kami aktif berkoordinasi dengan BPPTKG terkait perkembangan Merapi. Kami juga sudah ngecek, apakah ada yang mengungsi, ternyata sampai saat ini tidak ada," kata Ganjar, Sabtu (21/8/2021).

Ganjar mengatakan, pihaknya juga sudah menggerakkan BPBD untuk mengantisipasi dampak erupsi merapi. Beberapa daerah yang terkena dampak abu vulkanis, sudah dikirim bantuan masker.

"Paling banyak dampaknya terjadi di Kabupaten Magelang. Sudah kita distribusikan sejak Senin lalu sampai sekarang, 10.000 masker medis lewat BPBD Kabupaten Temanggung," katanya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: