Seru, Warga di Batang Lomba Balapan dengan Pelampung Ban

Suryono Sukarno · Jumat, 06 Mei 2022 - 15:37:00 WIB
Seru, Warga di Batang Lomba Balapan dengan Pelampung Ban
Warga di Kabupaten Batang saat mengikuti lomba langenan ban. Foto: iNews/Suryono Sukarno.

BATANG, iNews.id – Ratusan warga di Kabupaten Batang memanfaatkan libur Lebaran dengan mengikuti lomba langenan ban. Lomba cukup unik karena balapan memakai pelampung ban bekas dan adu cepat menyusuri sungai sampai garis finish. 

Setelah dua tahun ditiadakan karena pandemi Covid-19, lomba ini kembali digelar untuk memeriahkan Lebaran 2022. Lomba langenan ban atau balapan memakai pelampung ban, diikuti ratusan warga di Desa Kecepak, Kabupaten Batang 

Para peserta berasal dari kalangan ibu-ibu, remaja dan anak-anak. Para peserta menaiki ban dan dayung dengan tangan sampai garis finish. Peserta yang melaju cepat dan sampai di garis finish terlebih dahulu, maka dinyatakan sebagai pemenang. 

“Lomba ini kembali digelar karena sudah menjadi tradisi setiap libur Lebaran. Sekaligus sebagai ajang silaturahmi dengan perantau,” kata salah satu perantau, M Nasrul Fajar, Sabtu (6/5/2022). 

Peserta yang menang mendapatkan berbagai hadiah menarik dari panitia. Lomba juga menjadi sarana edukasi kepada anak-anak agar selalu menjaga lingkungan. Seperti menjaga agar sungai tetap bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: