SMP di Kendal Jateng Ini Siapkan Sarapan bagi Peserta UNBK

Eddie Prayitno ยท Senin, 22 April 2019 - 09:28 WIB
SMP di Kendal Jateng Ini Siapkan Sarapan bagi Peserta UNBK
Siswi SMP peserta UNBK saat memanfaatkan waktu istirahat untuk sarapan dari makanan yang disiapkan pihak sekolah. (iNews/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id – Siswa tingkat sekolah menengah pertama (SMP) saat ini sedang menjalani Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Memastikan agar siswa lebih berkonsetrasi dan dapat mengerjakan ujian dengan tenang, salah satu sekolah di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, menyiapkan sarapan pagi bagi peserta didiknya.

Pantauan iNews di SMPN 1 Brangsong, siswa yang tiba di ruang kelas untuk mengikuti ujian diberikan kesempatan untuk makan dan mendapat nasi bungkus. Bukan baru di tahun ini, namun kebijakan menyediakan sarapan gratis bagi siswa peserta ujian akhir sudah dijalankan sekolah tersebut sejak empat tahun terakhir.

Kepala SMPN 1 Brangsong Sri Hardanto mengatakan, sarapan ini disiapkan selama siswa mengikuti pelaksanaan ujian. Untuk tahun keempat ini, makanan yang disiapkan tidak hanya untuk sarapan pagi, tetapi juga makan siang. Sebab, jadwal UNBK ada tiga gelombang, adari pagi hingga siang hari.

“Siswa kami ini banyak yang tidak berasal dari sekitar sekolah dan rumahnya jauh-jauuh. Barangkali mereka belum sempat sarapan, maka kami menyiapkan makanan ini,” ujar Sri Hardanto, Senin (22/4/2019).

Dana yang digunakan untuk menyiapkan makanan gratis ini tidak membebankan siswa maupun orangtuanya. Namun berasal dari guru-guru sekolah yang secara sukarela patungan untuk membeli makanan dan disajikan kepada siswa peserta ujian agar bisa mengerjakan soal dengan tenang.

Salah satu siswi SMPN I Brangsong Ayu Febrianitasari mengaku senang dengan adanya makanan gratis dari sekolah. Kebanyakan siswa tak sempat sarapan di rumah karena berbagai alasan. Melalui bantuan sarapan gratis ini, siswa bisa mengikuti ujian dengan tenang.

“Senang aja dapat sarapan karena kalau di rumah gak sempat takut terlambat,” katanya.


Editor : Donald Karouw