Spesialis Pencuri Kambing di Pantura Jawa Diamankan Polisi

Rustaman Nusantara ยท Selasa, 19 Februari 2019 - 14:31 WIB
Spesialis Pencuri Kambing di Pantura Jawa Diamankan Polisi
Polisi menginterogasi para tersangka pencuri kambing. (Foto: iNews/Rustaman Nusantara).

GROBOGAN, iNews.id - Polisi mengamankan empat orang tersangka spesialis pencuri kambing. Mereka tertangkap di jalan raya Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah (Jateng), karena tiba-tiba saja mobil mereka melaju kencang saat melihat polisi melintas.

Para tersangka yakni, Slamet Riyadi (37), Aklis (28), Wiboso (23) dan Kubro (23). Mereka mencuri lima kambing di Kabupaten Jepara, kemudian disimpan di dalam bagasi mobil minibus rental, untuk dijual ke Kabupaten Grobogan.

"Mereka mengambil kambing yang berada di luar kandang," kata KBO Satreskrim Polres Grobogan, Iptu Bambang Eko, di Mapolres Grobogan, Jateng, Senin (19/2/2019).

Kasus ini terungkap ketika para pelaku tampak gugup dan langsung kabur ketika melihat mobil patroli polisi mendekat. Setelah dilakukan pengejaran, mereka berhasil tertangkap. Saat dicek, polisi menemukan kambing-kambing di bagasi mobil.

Para pelaku ini menyimpan kambing dengan melipat kursi belakang dan kursi tengah mobil. Di sanalah kambing-kambing tersebut disimpan, supaya tidak ketahuan warga setempat. Modus seperti ini ternyata sudah berkali-kali mereka lakukan.

"Para tersangka ini mengaku sudah lima kali melakukan pencurian kambing dengan modus seperti ini," ujar Bambang.

Mereka beraksi pada malam hari supaya tidak terendus warga. Supaya cepat laku, mereka menjual kambing ini dengan harga Rp600.000 per ekor, di bawah harga standar. Target operasi mereka sebagian besar daerah-daerah di Pantura Jawa.

Para tersangka juga mengaku sudah melakukan pemantauan di TKP yang memang mereka incar. Mereka punya trik supaya kambing-kambing tersebut tidak berisik saat dibawa kabur, sehingga tak menganggu pemilik ternak.

"Saya incar kambing di luar kandang. Lalu dipegang saja talinya supaya tidak berisik," kata seorang tersangka, Slamet Riyadi.

Dia juga mengaku kalau mobil tersebut merupakan mobil rental. Dia sengaja mengambil mobil tertutup, bukan pick up agar lebih aman saat membawa kabur kambing dari pekarangan ternak milik warga.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal