Status Masih Waspada, Seluruh Jalur Pendakian di Gunung Slamet Ditutup

Suryono Sukarno ยท Kamis, 13 Agustus 2020 - 09:22:00 WIB
Status Masih Waspada, Seluruh Jalur Pendakian di Gunung Slamet Ditutup
Asap putih setinggi 100-200 meter di puncak Gunung Slamet terlihat dari Pos Pengamatan Gunung Api Slamet, Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Jumat (14/2/2020) pagi. (Foto: Pos PGA Slamet)

PEMALANG, iNews.id - Aktivitas pendakian di Gunung Slamet, Pemalang, Jawa Tengah (Jateng) belum dibuka. Seluruh jalur ditutup dan dilarang melaksanaan perayaan 17 Agustus di puncak gunung.

Saat ini, status Gunung Slamet masih waspada atau level 2. Asap terlihat terus mengepul dari puncak gunung setinggi 3.432 mdpl ini. Kondisi ini sudah berlangsung selama satu tahun lebih. Warga dilarang melakukan aktivitas di radius 4 kilometer dari puncak.

Di daerah Pemalang ada lima jalur pendakian yiatu di Jurangmangu, Clekathaan, Penakir, Batursari dan Gunungsari. Dari lima jalur ini yang paling ramai yakni jalur Jurangmangu. Hampir setiap hari, jalur tersebut banyak dilewati.

"Untuk yang mau mendaki gunung, sementara dialihkan dulu ke gunung lain. Slamet sedang waspada jadi tidak bisa sampai puncak," ucap pengelola dan pemandu pendakian jalur Jurangmangu, Muslih.

Tak hanya pendaki, warga pun dilarang naik sampai puncak. Mereka hanya beraktivitas di lereng dengan radius 4 km. Pantauan hari ini, cuaca tampak cerah sehingga puncak gunung bisa diamati dari jarak sekitar 5 km ini.


Editor : Nani Suherni