Sultan HB X Tegaskan Warga Sehat Tak Perlu Gunakan Masker

Antara ยท Selasa, 03 Maret 2020 - 17:15 WIB
Sultan HB X Tegaskan Warga Sehat Tak Perlu Gunakan Masker
Gubernur DIY Sri Sultan HB X saat berdialog dengan keluarga korban di Puskesmas Turi Sleman, Jumat (21/2/2020) malam. (Foto: Dokumen Pemda DIY)

YOGAYAKARTA, iNews.id - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengimbau warganya yang sehat tak perlu menggunakan masker. Imbauan itu diberikan karena masker di beberapa daerah mulai langka.

Sri Sultan tegas menyatakan penggunaan masker itu untuk menghindari virus korona tipe baru (Covid-19). Namun jika kondisi badan sehat masker tidak diperlukan.

"Saya harap tidak sampai di situ. Kalau kita sehat tidak pakai masker enggak apa-apa, kok," kata Sri Sultan di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (3/3/2020).

Menurut Sultan, penggunaan masker seharusnya diperlukan apabila yang bersangkutan memiliki tanda-tanda menderita penyakit seperti flu.

"Bukan masalah sehat dan supaya tidak kena korona terus memakai masker, bukan itu," kata Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat tersebut.

Senada dengan Sultan, Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji juga meminta masyarakat tidak memborong masker di pasar. Selain merusak harga, hal itu juga membuat orang yang lebih membutuhkan kesulitan mendapatkan masker.

"Diimbau saja kepada masyarakat, jangan borong karena itu akan merusak harga. Orang lain menjadi tidak kebagian. Buat apa, tho, masker, kok, diborong," kata Aji.

Menurut dia, apabila terjadi kelangkaan masker maka pemda akan meminta Dinkes DIY untuk mencari stok tambahan.

"Kalau memang ketersediaan kurang maka dinas kesehatan kami minta menghubungi perusahaan-perusahaan atau bekerja sama dengan Kemenkes untuk memberi stok khusus," kata dia.


Editor : Nani Suherni