Swab Antigen Acak di Jalan, 1 Warga Jepara Terdeteksi Positif Covid-19

Alip Sutarto ยท Rabu, 12 Mei 2021 - 18:40:00 WIB
Swab Antigen Acak di Jalan, 1 Warga Jepara Terdeteksi Positif Covid-19
Swab antigen secara acak di Jalan HOS Cokroaminoto yang digelar Satgas Covid-19 Kabupaten Jepara, Selasa (12/5/2021) malam. Foto: iNews/Alip Sutarto.

JEPARA, iNews.id –  Satgas Covid-19 Kabupaten Jepara menggelar swab antigen secara acak di Jalan HOS Cokroaminoto, Selasa (12/5/2021) malam lalu. Dari 21 orang yang menjalani swab antigen, satu orang di antaranya dinyatakan positif Covid-19.

Kedatangan tim Satgas Covid-19 membuat warga yang sedang nongkrong panik dan meninggalkan lokasi. Kehadirannya dalam rangka tes swab antigen secara acak terhadap warga yang berkerumun. 

Mereka yang terjaring lalu menjalani rapid test antigen guna mencegah penyebaran Covid-19. Jalan HOS Cokroaminoto menjadi sasaran karena sering dijadikan tempat nongkrong warga, sehingga menimbulkan kerumunan. 

dr Eko Cahyo Kuspeno, anggota  tim Satgas Covid-19 Kabupaten Jepara mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi pemerintah desa dan kecamatan yang menjadi tempat tinggal warga yang positif Covid-19.

“Kami minta untuk monitoring terhadap yang bersangkutan agar menjalani karantina mandiri selama 10 hari,” kata Eko Cahyo Kuspeno. 

Sementara, kegiatan swab antigen secara acak, diharapkan bisa memberikan efek jera dan edukasi kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo