Tanah Bergerak di Kalipancur Semarang, 1 Rumah Warga Rusak

Wisnu Wardhana ยท Rabu, 08 Mei 2019 - 18:58 WIB
Tanah Bergerak di Kalipancur Semarang, 1 Rumah Warga Rusak
Warga menunjukkan bagian rumahnya yang rusak terdampak fenomena tanah Kalipancur, Semarang. (Foto: iNews/Wisnu Wardhana)

SEMARANG, iNews.id – Fenomena tanah bergerak menyebabkan sebuah bangunan rumah milik warga rusak. Kejadian ini terjadi di Kalipancur, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (8/5/2019).

Pemilik rumah Samsini mengatakan, saat peristiwa ini terjadi diawali dengan suara gemuruh yang terdengar kencang dari arah belakang rumahnya. Saat dia mengecek, belakang rumahnya telah amrol. Bahkan materialnya menimpa rumah tetangga.

“Saya dengar dua kali suara gemuruh, padahal tidak ada hujan dan angin. Saat saya cek, bagian belakang rumah tempat cuci pakaian sudah ambrol,” ujar Samsini, Rabu (8/5/2019).

Kejadian ini langsung dilaporkan ke pemerintah setempat. Tak lama, Lurah Kalipancur Indriastuti pun merespons dengan mendatangi rumah warga yang amrol akibat tanah bergerak.

“Kami langsung menyurat ke BPBD dan PMI atas kejadian ini, khususnya untuk bantuan bagi warga yang rumahnya terdampak tanah bergerak. Tindaklanjut kami hanya sebatas itu,” kata lurah.

Menurutnya, lokasi rumah warga ini memang rentan karena ada di ketinggian. Karena itu selain memberi bantuan, nantinya juga akan dipasangkan terpal untuk antisipasi air hujan dan longsor susulan sebagai tindakan darurat.

“Kami sudan minta warga untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan,” tuturnya.


Editor : Donald Karouw