Tanggapi Gibran Masuk Bursa Pilwalkot Solo, Jokowi: Ya Seneng-Seneng Aja

Septyantoro ยท Sabtu, 27 Juli 2019 - 23:30 WIB
Tanggapi Gibran Masuk Bursa Pilwalkot Solo, Jokowi: Ya Seneng-Seneng Aja
Presiden Jokowi saat pulang kampung di Kota Solo. (Foto: iNews.id/Septyantoro)

SOLO, iNews.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku senang kedua putranya yakni, Gibran Rakabuming Raka dan adiknya, Kaesang Pangarep masuk dalam bursa Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo periode 2020-2025.

Jokowi mengaku menyerahkan sepenuhnya keputusan tersebut kepada kedua putranya, terutama Gibran apakah akan terjun ke dunia politik atau tidak.

“Ditanyakan ke yang survei. Ya, seneng-seneng aja. Saya serahkan sepenuhnya ke Gibran. Dia sudah mandiri,” kata Jokowi saat jalan-jalan bersama cucunya, Jan Ethes di Solo Paragon Mal, Kota Solo, Sabtu (27/7/2019).

Soal partai pengusung Gibran, Jokowi mengaku hingga kini belum ada yang mengajukan. “Tanya ke partai saja,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo, Suwardi mengungkapkan, dua putra Presiden Jokowi yakni, Gibran Rakabuming Raka dan adiknya, Kaesang Pangarep memiliki tingkat popularitas tinggi. “Ini sesuai dengan hasil survei yang kami lakukan," kata Suwardi di Solo, Kamis (25/7/2019).

Suwardi, menyebutkan ada 96 titik lokasi survei dengan delapan responden di masing-masing titik.
“Jumlah total kuesioner yang kami sebarkan ada 768. Akan tetapi, yang dua tidak bisa dianalisis sehingga dibuang. Jadi, ada 766 yang kami uji sampel dengan margin error 4 persen," katanya.

Survei tersebut menguji tiga kategori, yaitu popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas. Dari kategori popularitas, nama Gibran muncul dengan angka popularitas tertinggi. "Dari total jumlah responden, 90 persennya mengenal Gibran," katanya.

Selain itu, dengan angka yang sama juga muncul nama Achmad Purnomo. Sebagaimana diketahui, saat ini Achmad Purnomo menjabat sebagai Wakil Wali Kota Solo mendampingi Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.


Editor : Kastolani Marzuki