Tanggul Irigasi di Banjarnegara Jebol, Puluhan Kolam Ikan dan 3 Rumah Terendam Air

Elis Novit ยท Kamis, 21 Juli 2022 - 19:35:00 WIB
Tanggul Irigasi di Banjarnegara Jebol, Puluhan Kolam Ikan dan 3 Rumah Terendam Air
Tanggul irigasi di Kabupaten Banjarnegara yang jebol dan airnya merendam puluhan kolam ikan dan rumah. Foto: iNews/Elis Novit.

BANJARNEGARA, iNews.id - Sebuah tanggul irigasi di Kabupaten Banjarnegara jebol setelah retak dan bocor. Akibatnya, sebanyak 28 kolam ikan rusak dan tiga rumah terendam air. 

Detik-detik jebolnya tanggul terekam video amatir warga. Dinding tanggul ambrol dan ambles sedalam sekitar 6 meter dan membentuk pusaran air. 

Luapan air tanggul selanjutnya menerjang 28 kolam ikan milik warga. Sedangkan rumah yang berada di bawah area tanggul terendam hingga ketinggian sekitar 50 sentimeter. 

“Selain merusak kolam dan merendam rumah, luapan air juga merendam 1 hektare sawah yang baru di tanam bibit padi,” kata perangkat Desa Kincang, Parmin, Kamis (21/7/2022). 

Warga yang berada di lokasi panik dan berhamburan keluar rumah karena mendengar suara gemuruh. Sejumlah barang elektronik dan Kasur menjadi basah akibat tergenang air.

Jebolnya tanggul irigasi juga mengancam persawahan milik warga di empat desa, yakni Bandingan, Adipasir, Kincang, dan Badamita. Luas sawah yang terancam mencapai 500 hektare. 

Kondisi tanggul yang jebol berdampak terhadap pasokan air irigasi. Sawah warga terancam rusak dan gagal panen karena pasokan air irigasi terputus. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: