Tanggul Sungai Aji Jebol, Puluhan Rumah Terendam Air

Edi Prayitno · Jumat, 18 Desember 2020 - 20:59:00 WIB
Tanggul Sungai Aji Jebol, Puluhan Rumah Terendam Air
Tanggul Sungai Aji di Desa Blorok, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal yang jebol, Jumat (18/12/2020) sore. (Foto: Edi Prayitno, iNews)

KENDAL, iNews.id-Tanggul Sungai Aji di Desa Blorok, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal jebol, Jumat  (18/12/2020) sore. Puluhan rumah yang ada di bawahnya langsung terendam air yang membuat penghuninya panik.

Tanggul yang jebol panjangnya sekitar sepuluh meter dan tinggi hampir tiga meter. Diduga tanggul jebol akibat curah hujan yang tinggi, dan diterjang derasnya arus Sungai Aji. “Tanggul sudah sempat ambrol namun diperbaiki seadanya,” kata Sigit, salah satu warga. 

Sebelum kejadian, hujan deras mengguyur sejak siang hari. Selain merendam puluhan rumah, material tanggul juga turut terbawa hingga ke pemukiman. Kapolsek Brangsong AKP Amin Supangat mengatakan, jebolnya tanggul diperkirakan karena tidak kuat menahan arus sungai yang deras ketika hujan. 

Untuk sementara, warga yang rumahnya terendam air mengungsi ke masjid atau rumah warga lainnya yang aman. Petugas BPBD, TNI/Polri dan warga masih berupaya menutup kerusakan agar aliran air dari sungai tidak terus  membanjiri permukiman.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Bagikan Artikel: