Terdampak Corona, 4.788 Tenaga kerja di Boyolali Terancam Menganggur

Kuntadi, Tata Rahmanta ยท Kamis, 16 April 2020 - 13:29 WIB
Terdampak Corona, 4.788 Tenaga kerja di Boyolali Terancam Menganggur
Pekerja pabrik di Boyolali, Jawa Tengah (Jateng) (Foto: iNews/Tata Rahmanta)

BOYOLALI, iNews.id – Ribuan tenaga kerja di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah (Jateng), dirumahkan. Setidaknya 19 perusahaan telah mengurangi pegawainya karena terdampak Covid-19.

Merebaknya virus corona telah menyebabkan 4.788 tenaga kerja terancam kehilangan pekerjaan. Rinciannya, sebanyak 1.364 tenaga kerja mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) dan 3.424 tenaga kerja dirumahkan. Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah seiring banyak perusahaan terdampak pandemi corona

"Saat ini sudah ada 19 perusahaan yang terpaksa mengurangi tenaga kerja," kata Kepala Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja Boyolali M Syawalludin, Kamis (16/4/2020).

Sejumlah perusahaan ini, kata dia, mengalami pailit. Virus corona telah menyebabkan perusahaan mereka tidak memiliki kemampuan untuk melakukan produksi. Bahan baku tidak bisa masuk ke perusahaan. Begitu juga produk yang dihasilkan sulit dipasarkan.

"Kami usulkan mereka yang kena PHK atau dirumahkan untuk ajukan kartu pra kerja," katanya.

Syawalludin menyarankan bagi peserta yang mengajukan kartu pra kerja untuk melengkapi data mulai dari identitas KTP, nomor telepon yang bisa dihubungi hingga email.

"Notifikasi itu datangnya nanti dari pemerintah pusat," ucapnya.


Editor : Nani Suherni